Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya

Mahoni banyak dimanfaatkan batangnya, sedang bijinya ternyata sangat bermanfaat untuk kesehatan. Ini dikarenakan biji mahoni kaya akan saponin dan flavonoid yang mendukung kesehatan tubuh. Peredaran darah yang tidak lancar akibat tersumbat dapat diobati dengan mengkonsumsi biji mahoni. Kadar kolesterol jahat yang tinggi dapat diturunkan oleh mahoni. Manfaat biji mahoni yang lain adalah sebagai pereda rasa sakit, mengurangi timbunan lemak di saluran darah, mengurangi pendarahan, melawan radikal bebas, meningkatkan kekebalan tubuh, mencegah penggumpalan darah, meningkatkan fungsi hati, menetralisir kadar gula darah, dll. Artikel sebelumnya, tentang Manfaat Lada Hitam bagi Kesehatan dan Kecantikan.


Khasiat Biji Mahoni Untuk Kesehatan
Photo: pbase.com



Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya


Mahoni bersifat anti-jamur dan anti-piretik (menurunkan panas). Buah pahit ini juga berkhasiat untuk menurunkan hipertensi, mengembalikan selera makan, mengobati demam, dan meningkatkan immunitas. Manfaat paling besar dari biji mahoni adalah sebagai obat malaria dan diabetes. Sedangkan efek samping penggunaan biji mahoni dalam dosis berlebihan dapat memicu terbentuknya batu empedu.

Cara Mengkonsumsi Biji Mahoni

1.  Anda bisa makan biji mahoni setelah mengupas kulit luarnya. Tentu saja jika anda tahan dengan rasa pahitnya.

2. Seduh bubuk hasil dari biji mahoni yang telah ditumbuk halus ke dalam air panas.

3. Berbagai ekstrak biji mahoni kini dibuat. Ada yang dikemas dalam bentuk serbuk, kapsul, minyak esensial, serbuk instan, dll. Pilih sesuai selera anda.

Untuk membuat serbuk, keringkan biji mahoni kemudian giling hingga halus.


Obat alami Biji Mahoni


Biji Mahoni efektif untuk mengobati penyakit berikut ini


- Kurang selera makan
- Hipertensi
- Demam
- Eksim / Gatal-gatal
- Diabetes
- Rematik
- Masuk Angin
- Demam

Pemakaian Biji Mahoni untuk mengobati Penyakit

Dosis yang disarankan adalah setengah sdm bubuk biji mahoni. Anda dapat membuat serbuk biji mahoni dengan cara menggilingnya.

Ramuan Alami menggunakan Biji Mahoni


1. Meningkatkan selera makan


Seduh ½ sdm bubuk biji mahoni ke dalam sepertiga cangkir air panas. Kemudian, tambahkan 1 sdm madu. Sebaiknya anda minum ramuan ini dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

2. Mengobati diabetes

Seduh setengah sdm bubuk biji mahoni ke dalam sepertiga cangkir air yang mendidih. Dalam keadaan hangat, minum air ramuan ini setengah jam sebelum makan. Minum ramuan tersebut 3 kali dalam sehari.


3. Menurunkan Tekanan darah tinggi

Seduh 8 gram biji mahoni ke dalam 2 gelas air mendidih. Tunggu hingga dingin, kemudian saring. Minum ramuan tersebut di pagi dan sore, masing-masing 1 gelas. Anda bisa menambahkan madu untuk mengurangi rasa pahit.


4. Mengobati Demam atau masuk angin:

Seduh ½ sdm bubuk biji mahoni ke dalam ¼ gelas air panas. Tambahkan 1 sdm madu, kemudian minum dalam keadaan hangat sebanyak 3 kali sehari.

5. Mengatasi Eksim dan rematik

Seduh ½ sdm bubuk biji mahoni ke dalam ½ gelas air panas. Tambahkan madu secukupnya, kemudian minum sewaktu hangat sebanyak 3 kali dalam sehari.

Baca: Ramuan Alami Untuk Menyembuhkan Asam Urat.


Manfaat Biji Mahoni dan Efek Samping
Photo: flickr.com

Efek Samping Penggunaan Mahoni sebagai obat alami

Konsumsi biji mahoni secara berlebihan dapat memicu terbentuknya kolesterol di cairan empedu yang dapat menyebabkan batu empedu. Hal ini terkait adanya saponin dan flavonoid dalam mahoni. Jadi, dosis paling banyak adalah 200 mg per hari.

Flavonoid yang terdapat dalam mahoni memang efektif untuk menurunkan hipertensi. Namun penggunaan secara berlebihan dapat menyebabkan efek tidak baik bagi tubuh. Jadi, anda harus bijak mengkonsumsi biji ini. Menurut para ahli herbal, dosis yang tepat dalam mengkonsumsi biji mahoni adalah 1 biji per hari. Ini jika biji tersebut langsung dimakan sebagai obat alami. Sedangkan dalam bentuk ekstrak, anda bisa menyesuaikan dosisnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Biji Mahoni Untuk Kesehatan dan Efek Sampingnya
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

1 komentar:

June 7, 2016 at 6:34 PM delete

Saya sudah punya pengalaman dengan biji mahoni, rasanya luar biasa pahit, tapi kala itu saya tertular penyakit gatal, alhamdulillah dengan biji mahoni yang rasanya tidak manis itu, saya sembuh dari penyakit gatal-gatal tsb.

Reply
avatar

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.