9 Cara Mengobati Biduran Menggunakan Obat Tradisional

Biduran atau Urtikaria merupakan gangguan pada kulit yang biasa ditandai dengan bercak merah dan gatal pada kulit. Rasa nyeri dan panas biasanya dirasakan oleh penderita. Umumnya gangguan pada kulit ini tidak meninggalkan bekas. Pada biduran ringan tidak membutuhkan pengobatan, karena gejala yang muncul akan hilang dengan sendiri. Sedangkan pada biduran berat perlu pengobatan. Meski sudah diobati, makanan penyebab alergi perlu dihindari supaya biduran tidak datang lagi.


Faktor Penyebab Biduran


Beberapa faktor dapat memicu biduran kambuh. Jadi, anda perlu hati-hati terhadap makanan atau apapun yang dapat menyebabkan alergi. Biduran dapat dipicu oleh alergi terhadap jenis obat-obatan tertentu, makanan (udang, telur, dan kerang), daging kaleng, racun serangga, bulu binatang, infeksi virus maupun bakteri, dan stres. Baca: 16 Makanan dan Minuman Pereda Stres.


Gejala Penyakit Biduran


Kulit mengalami penebalan disertai bercak-bercak kemerahan, gatal, dan rasa panas.

Perawatan Biduran yang dapat anda lakukan

- Cari penyebab alergi yang membuat biduran anda kambuh, kemudian hindari mengkonsumsinya. Jika penyebab bukan berasal dari makanan maka jauhilah.

- Kompres menggunakan air dingin, lalu mandi dengan air hangat.

- Antihistamin dapat digunakan untuk mengurangi rasa gatal.


Mengobati Biduran Secara Alami dan Tradisional

Ilustrasi: midlandfertility.com



Obat alami untuk meredakan Penyakit Biduran


1. Buah Asam dan Temulawak

Siapkan buah asam, 15 gram temulawak, dan gula aren. Rebus semua bahan tersebut ke dalam 2 gelas air hingga tersisa setengahnya. Biarkan dingin, kemudian saring. Minum ramuan ini untuk mengobati biduran anda. Anda dapat menambahkan madu untuk menambah rasa lezat. Baca: Ramuan Tradisional Menggunakan Temulawak

2. Bawang Merah dan Daun Kelor

Siapkan bahan berupa 3 lembar daun kelor, sebutir bawang merah, dan 2 gram pulosari. Rebus bahan-bahan tersebut ke dalam 3 gelas air hingga tersisa 2 gelas saja. Setelah disaring, minum ramuan ini 2 kali dalam sehari.


3. Kunyit dan Sambiloto

Siapkan bahan-bahan berupa 10 gr sambiloto, 20 gr kunyit, 30 gr daun kelor, 1 sdm adas, 3 butir bawang merah. Tumbuk hingga halus semua bahan tadi setelah anda mencucinya. Rebus ke dalam 600 cc air hingga tersisa sepertiga bagian. Setelah disaring dan dingin, anda bisa minum ramuan ini sebanyak 3 kali sehari.

4. Obat alami mengobati biduran menggunakan Daun Jombang

Rebus 30 gram daun Jombang ke dalam 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Minum ramuan ini selagi hangat.

5. Akar Rosa Multifona Thumb

Rebus akar tumbuhan tersebut ke dalam 400 cc air hingga tersisa setengahnya. Setelah disaring, minum ramuan alami ini setiap pagi dan sore hari.

6. Minyak Kayu Putih dan Zaitun

Siapkan minyak kayu putih, minyak zaitun, dan menthol Kristal masing-masing sebanyak 1 sdm. Aduk semua bahan hingga merata. Gosokkan pada kulit anda untuk mengobati biduran.

7. Jahe dan Cuka Beras Hitam

Siapkan bahan berupa 100 cc Cuka Beras hitam, 30 gram jahe, dan gula merah. Tumbuk dulu jahe hingga halus, kemudian rebus bersama lainnya ke dalam air. Setelah dingin, minum ramuan tradisional ini sebanyak 2 kali dalam sehari.


Cara Mengobati Biduran Menggunakan Obat Tradisional
relishit.wordpress.com

8. Mengobati biduran menggunakan Leunca

Cuci tanaman leunca yang telah dibuang akarnya, kemudian tumbuk. Balurkan pada kulit hingga warna leunca menjadi hijau. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari untuk mengobati biduran anda.

9. Mengobati biduran dengan Daun Sirih

Siapkan daun sirih dan ketepeng, masing-masing sebanyak 20 lembar. Rebus kemudian saring. Minum untuk mengobati biduran secara alami. Selain mengobati biduran, daun sirih juga dapat digunakan untuk menghilangkan bau badan secara alami.
Demikian cara mengobati Biduran menggunakan bahan alami. Pilih salah satu cara termudah yang dapat anda lakukan. Simak terus artikel kesehatan dan tips penting lainnya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Cara Mengobati Biduran Menggunakan Obat Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

16 komentar

August 1, 2015 at 7:08 PM delete

Bismillah semoga berhasil thanks pencerahannnya

Reply
avatar
September 12, 2015 at 6:20 PM delete

Penyakit ini membuat setres banget, kalau sudah terkena biduran minta ampun... mudah2 artikel ini bisa menjadi referensi obat alternatif

Reply
avatar
Anonymous
December 10, 2015 at 7:39 PM delete

Bnr lah.. Gw biduran langsung bingung kga bisa apa"

Reply
avatar
December 27, 2015 at 4:21 AM delete

Bener tuh, kalo udah kambuh aduh pusing dah, minta di garuk trs, di diemin malah panas, semoga aja artikel ini bermanfaat untuk penderita yg lain

Reply
avatar
January 16, 2016 at 7:23 PM delete

Ane jg skrg lg biduran, smoga.brmanfaat

Reply
avatar
February 13, 2016 at 5:04 PM delete

Ankku 4th kurang 3bln, br 2hr ini mengalami biduran.. kasian liatnya.. bawa k dokter di kah obat anti alergi tp ga bertahan lama.. gatel2 lg. Gelisah.. smpe g bs tdr.. inget kata dokter yg penting daya tahan tubuhnya jg hrs kuat..krn ankku ga doyan buah2an dn sayur, jd daya tahan tubuhnya lemah. Untungnya dia suka jeruk aja.. akhirny aku ksh perasan air jeruk 2-3x sehari dan vit.utk daya tahan tubuh, imboost 2x . Alhamdulillah malah berkurang bentol2nya.

Reply
avatar
March 2, 2016 at 11:41 AM delete

Biduran Ku muncul setiap sehabis mandi , Dan Biduran nya plng sering muncul klau dipagi Dan d malam hari

Reply
avatar
March 12, 2016 at 6:19 AM delete

anakku juga sering kena biduran, orang tua tua bilang suruh pake daun kelor dicampur/diremas pake abu dapur, abu dapur biasanya didapat pada orang yg masak pakai kayu bakar, kedua bahan diremas sampai keluar airnya, terus langsung dioles pada tempat yg terkena bidurannya, gosoknya sambil diturunin

Reply
avatar
March 12, 2016 at 7:24 PM delete

Kalo gitu gak usah mandi mbak hahaha

Reply
avatar
March 13, 2016 at 10:26 PM delete

Saya biduran udah sekitar 7-8 tahunan, sempet sembuh ga kambuh sekitar 1-2 tahunan, skrg kmbuh lagi.. Allohumma isyfinii

Reply
avatar
March 28, 2016 at 8:31 PM delete

Langsung praktek
Thanks pencerahan ny gan

Reply
avatar
March 29, 2016 at 1:56 PM delete

Thanks informasinya... Sudah 3 hari biduran di wajah, ampuuuun deh rasanya, muka udh kayak habis digebukin, mata jd sipit karena kulit membengkak. Dulu pernah biduran tp nggak di wajah, mau konsumsi obat2an sy nggak brani karena lg hamil. Jadi cukup minum air asam dan gula merah tapi tanpa temulawak nggak ada di dapur heheh..., alhamdulillah mereda...

Reply
avatar
May 1, 2016 at 6:15 PM delete

Baru coba zaitun + kayu putih...moga Insya Allah sembuh.

Reply
avatar
June 11, 2016 at 12:18 AM delete

ampun dahh muka udah kayak monster. gatal2 pula

Reply
avatar
June 16, 2016 at 10:18 AM delete

Giman cara kasih hilang biduran ya kasian anak ku uda berbulan-bulan gk hilang2 gatalnya..??

Reply
avatar
August 5, 2016 at 9:44 AM delete

Saya pernah mengalami biduran selama sekitar 4 thun dan alhamdulilah bisa sembuh dengan sendirinya .

Reply
avatar

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.