Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Secara Alami

Apakah telapak tangan anda sering basah oleh keringat? Atau mungkin bagian tubuh lain seperti ketiak maupun telapak kaki. Tangan berkeringat ketika cuaca dingin, tanpa melakukan olahraga. Keluarnya keringat merupakan reaksi tubuh normal yang bertujuan untuk mendinginkan suhu tubuh. Sistem syaraf otak mengirimkan sinyal ke kelenjar keringat ketika suhu tubuh naik. Sedangkan pada ketiak basah ataupun telapak tangan berkeringat tanpa didahului oleh aktivitas tubuh ataupun perubahan cuaca sekitar, disebabkan oleh reaksi syaraf yang overaktif.

Keringat berlebih merupakan bentuk sensitivitas tubuh yang berlebihan. Organ tubuh yang berkeringat akan menjadi sarang bagi kuman dan jamur. Bahkan, kondisi ini dapat menimbulkan bau badan. Seseorang dapat kehilangan percaya diri karena masalah ini. Gangguan ini biasanya terjadi di beberapa bagian tubuh seperti telapak tangan, kaki, wajah dan ketiak. Kondisi ini umumnya dialami oleh seseorang sebanyak sekali dalam seminggu. Masalah ini sangat berbeda dengan Kulit wajah berminyak.


keringat
gambar oleh bob reid (flickr.com/photos/paladinsf)

Penyebab telapak tangan basah

Keringat berlebih dapat disebabkan oleh beberapa faktor seperti hiperhidrosis, hipertiroid (pembengkakan kelenjar gondok), faktor genetik, infeksi yang menyebabkan demam, kecemasan / stres, ketakutan, perubahan emosi, penggunaan obat anti psikotik untuk mengobati gangguan mental dan analgesik dosis tinggi, tuberkulosis, menopause, kanker, hipoglikemia (kadar gula darah menurun), gangguan jantung, gangguan lambung, kegemukan, gangguan ginjal, syaraf rusak akibat diabetes, menghentikan minum obat, trauma syaraf spinal, dan konsumsi minuman berkafein.

Hipertiroid merupakan kondisi dimana kelenjar tiroid menghasilkan hormon tiroksin secara berlebihan sehingga meningkatkan kepekaan terhadap rasa panas. Gangguan ini dapat menyebabkan tubuh mudah berkeringat.

Apakah telapak tangan basah merupakan indikasi jantung lemah?

Disebut sebagai hiperhidrosis primer, jika kelenjar keringat pada tangan sangat aktif bekerja. Sedangkan pada hiperhidrosis sekunder disebabkan oleh banyak hal, bukan hanya gangguan jantung. Penderita jantung lemah biasanya mudah letih, lemas, lesu, dan kurang energik. Jadi, belum tentu penyebabnya adalah penyakit jantung.


Cara mengatasi keringat berlebih secara alami


Untuk mengurangi keringat yang berlebihan, biasanya digunakan obat antiperspirant yang banyak tersedia di apotik. Antiperspirant mengandung chlorohydrate aluminium, garam aluminium yang mampu memblokir saluran kelenjar keringat. Bagaimana dengan resikonya? Silahkan konsultasi dengan dokter anda.


Mengatasi keringat berlebih menggunakan ramuan herbal


1. Teh Hitam


Asam tannic yang terdapat di dalam teh hitam mampu mencegah keringat berlebih. Caranya dengan merebus 5 kantung teh hitam bersama 1 liter air. Biarkan mendidih selama 10 menit. Setelah airnya dingin, gunakan untuk merendam kaki anda selama 15 menit.

2. Jahe

Sediakan beberapa potong jahe, kemudian ditumbuk hingga lumat. Kemudian jahe direndam ke dalam air hangat selama sekitar 10 menit. Anda bisa mengoleskan airnya pada kaki, setiap berangkat tidur malam. Lakukan cara ini selama 3 minggu.

3. Air lemon

Cuci kaki anda menggunakan air hangat, kemudian celupkan ke dalam air yang telah dicampur dengan perasan jus lemon. Kemudian bilas kaki anda hingga bersih.

4. Buah Lobak

Sediakan lobak sebanyak dua lusin, kemudian haluskan ke dalam blender. Selanjutnya airnya disaring dan ditambah dengan ¼ sdt gliserin. Tuangkan jus lobak ke dalam botol semprot. Kini anda mempunyai deodorant alami untuk mengusir bau kaki akibat keringat berlebihan.


Tips mengurangi keringat berlebih


- Hindari depresi dan stres, jaga suasana hati anda.
- Kurangi konsumsi minuman berkafein seperti kopi dan teh kental
- Jaga rasa percaya diri dalam menghadapi segala situasi
- Sering menjemur sepatu dan menjaga kebersihannya
- Pilihlah kaos kaki yang dapat menyerap keringat
- Anda bisa memilih pakaian dengan bahan alami yang mampu menyerap air

Demikian beberapa tips mengatasi keringat berlebih secara alami. Cara alami ini dapat anda coba, tanpa resiko berbahaya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Cara Mengatasi Tangan Berkeringat Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

1 komentar:

edy
October 16, 2015 at 6:04 AM delete

Utuk operasi penjepitan saluran keringat, apa sdh bisa di lakukan di rs di indonesia ?

Reply
avatar

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.