7 Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan Di Luar Dugaan

Kacang Arab adalah sebutan lain dari kacang chickpea yang memiliki bentuk unik dan rasa yang khas, dan tentu saja nikmat sebagai makanan kudapan. Kacang chickpea merupakan makanan super yang sering digunakan sebagai bahan masakan, selain cemilan. Umumnya makanan cemilan tidak menyehatkan tubuh, tapi makanan yang satu ini benar-benar beda!

Kacang arab biasanya dibawa sebagai oleh-oleh dari timur tengah. Selain kuning pucat, kacang ini juga memiliki variasi warna lain seperti coklat, hitam, bahkan merah. Bukan hanya unggul dalam rasa, chickpea ternyata memiliki kontribusi dalam dunia kesehatan dan kecantikan. Apa saja? Berikut manfaat kacang garbanzo (
chickpea) bagi kesehatan:


sumber gambar: italianfoodforever.com



Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan Di luar dugaan


1. Membantu mengontrol berat badan

Kedua jenis serat dikandung oleh kacang ini, serat larut dan tak larut. Serat larut ikut menunjang kesehatan empedu, sedangkan serat tak larut bermanfaat untuk meningkatkan kesehatan sistem pencernaan. Konsumsi kacang arab dapat menyebabkan kenyang lebih lama, sehingga mencegah kegemukan.

2. Menyehatkan Jantung


Mungkin anda berfikir bahwa semua jenis kacang mengandung kolesterol jahat. Faktanya, kacang arab memiliki kemampuan untuk menurunkan kadar kolesterol jahat atau biasa disebut LDL. Jika kadar kolesterol dalam tubuh mengalami kenaikan, dapat memicu serangan jantung dan stroke. Jadi, kacang arab termasuk makanan sehat yang mampu menurunkan kolesterol jahat. Selain itu, kacang ini juga kaya akan magnesium dan folat yang bermanfaat untuk kesehatan mata dan meningkatkan sirkulasi darah.

3. Menjaga kadar gula darah

Serat larut yang ada di dalamnya mampu menjaga kadar gula darah tetap stabil. Kacang arab memiliki indeks glikemik rendah, karbohidrat yang dikandungnya sangat mudah dicerna oleh tubuh. Bagi penderita diabetes, makanan ini aman untuk dikonsumsi.

4. Baik Untuk masa kehamilan dan anak di usia pertumbuhan

Hal ini disebabkan zat besi yang terkandung di dalamnya merupakan suplemen alami yang sangat diperlukan di masa kehamilan, menstruasi, ataupun menyusui. Zat besi juga sangat dibutuhkan oleh anak di masa pertumbuhan. Zat penting ini juga berperan dalam meningkatkan sistem metabolisme, yang menjadi syarat bagi kesehatan dan kebugaran tubuh.

5. Mencegah kanker dan osteoporosis

Kacang arab mengandung fitokimia yang berperan sebagai antioksidan bagi tubuh, sehingga memperkecil risiko tulang keropos, kanker payudara, dan menopause dini.

6. Sumber protein nabati dan Bebas kalori

Kesulitan memperoleh asupan protein biasanya dialami oleh vegetarian dan vegan. Solusi bagi mereka adalah konsumsi kacang arab, karena mengandung protein yang baik tanpa ketakutan penambahan kalori dan lemak tak jenuh. Makanan ini dapat menjadi alternatif selain gandum.

7. Menjaga Energi tubuh

Kacang arab mengandung mangan, mineral yang mampu meningkatkan energi dan imunitas tubuh anda. Fakta yang menarik adalah dengan konsumsi secangkir kacang arab sebanyak 2-3 kali dalam seminggu, akan membuat anda energik selama seminggu. Konsumsi kacang arab dengan cara menggorengnya, dapat merusak nutrisi yang dikandungnya. Jika anda ingin memakannya sebagai cemilan, cara yang baik adalah dengan merebusnya ke dalam air yang telah ditambahkan sedikit garam.


foto: medicine.utoronto.ca

Selain rasanya yang nikmat, kacang ini bebas kolesterol dan rendah lemak. Makanan ini merupakan favorit bagi vegetarian. Anda bisa menyantapnya dalam berbagai masakan atau makanan olahan seperti falagel yang terbuat dari kacang arab yang berbentuk bola. Namun jika ingin lebih sehat, anda bisa menikmatinya dalam bentuk salad ataupun sup. Masih ada pilihan lain, yaitu dengan memasaknya sebagai hummus. Caranya dengan menghaluskan kacang chickpeas hingga menjadi pasta, kemudian dimakan sebagai snack ataupun appetizer.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

7 Manfaat Kacang Arab Untuk Kesehatan Di Luar Dugaan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.