14 Manfaat Kurma Tak Terduga Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Kurma merupakan salah satu buah super yang awet untuk disimpan, tanpa mengurangi nutrisi yang terdapat di dalamnya. Buah ini dapat digunakan sebagai obat alami dan sangat cocok sebagai bekal untuk perjalanan jauh. Buah kurma segar memiliki rasa manis dan daging berserat lembut yang mengandung dekstrosa dan fruktosa yang mudah dicerna oleh tubuh, serta mampu memulihkan energi tubuh secara cepat. Buah ini sangat serasi jika disandingkan dengan kacang arab. Keduanya merupakan makanan khas timur tengah.


Manfaat Kurma untuk kecantikan kulit dan rambut

Selain rasanya yang manis dan legit, buah kurma memiliki kontribusi besar di dunia kecantikan. Berikut manfaatnya untuk rambut dan kulit:

1. Mengatasi kulit kusam


Kulit memerlukan nutrisi untuk membuatnya tetap sehat dan bersinar. Kekurangan nutrisi pada kulit dapat menyebabkan kulit kusam dan rusak. Regenerasi kulit diperlukan untuk mengganti sel-sel kulit mati. Buah kurma mengandung vitamin A yang mampu menyingkirkan sel kulit mati ataupun kering. Vitamin B5 atau biasa disebut dengan asam pantotenat yang terdapat di dalam buah kurma mampu memperbaiki kulit rusak yang disebabkan oleh radikal bebas.

2. Mencegah penuaan dini

Buah kurma kaya akan antioksidan yang sangat efektif untuk melawan kerusakan kulit akibat radikal bebas. Hebatnya, antioksidan yang terdapat dalam buah kurma bekerja dari dalam dan luar tubuh. Dengan konsumsi kurma secara teratur akan menjaga elastisitas kulit, sehingga kulit kencang dan awet muda.

3. Mencegah infeksi pada kulit sensitif

Protein dan vitamin B6 di dalamnya mampu mencegah infeksi dan iritasi bagi anda yang memiliki kulit sensitif. Menggunakannya sebagai masker wajah akan membuatnya tampak segar dan bersinar. Caranya dengan menghaluskan kurma dan yoghurt dingin ke dalam blender, kemudian dioleskan pada wajah sebagai masker. Biarkan menempel pada wajah anda selama beberapa menit, sebelum dibilas.

4. Menjaga kekenyalan dan kelembutan kulit

Buah kurma dapat digunakan sebagai body scrub alami yang membersihkan, melembutkan, dan menjaga kekenyalan kulit. Masukkan buah aprikot, kurma, dan cranberries ke dalam blender. Tambahkan juga dengan 1 ½ sdt oatmeal ke dalamnya. Haluskan semua bahan hingga lumat, kemudian gunakan sebagai scrub sewaktu mandi.

5. Atasi rambut kering dan bercabang

Asam pantotenat sangat diperlukan untuk menjaga kesehatan rambut. Buah kurma merupakan sumber terbaik, terkait vitamin ini. Konsumsi buah ini secara teratur dapat mengatasi berbagai masalah rambut bercabang, rapuh dan kering.

6. Atasi rambut rontok

Berbagai vitamin dan mineral penting di dalam kurma mampu mensuplay nutrisi ke kulit kepala dan akar rambut, sehingga membuatnya makin kuat dan sehat.


sumber foto: kitchendaily.com


14 Manfaat buah kurma untuk kesehatan


7. Mencegah dan mengobati Anemia

Buah kurma mampu mengatasi anemia terkait zat besi dan vitamin B kompleks yang ada di dalamnya. Kedua mikro nutrient ini merupakan unsur penting yang diperlukan tubuh untuk pembentukan sel darah merah, sehingga mencegah anemia.

8. Mencegah penyakit jantung koroner dan Stroke

Kalium di dalamnya sangat dibutuhkan oleh sel dan cairan tubuh untuk mengontrol tekanan darah dan denyut jantung. Kalium sangat berperan bagi tubuh untuk mencegah penyakit stroke dan jantung koroner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi kurma secara teratur oleh penduduk arab badui, memiliki angka risiko penyakit jantung dan kanker yang sangat rendah.

9. Menguatkan tulang

Seiring pergerakan waktu, kekuatan dan kepadatan tulang akan menurun. Di dalam buah kurma terdapat zat besi dan mineral penting, seperti magnesium, selenium, tembaga dan mangan. Semua nutrisi tersebut baik untuk pertumbuhan tulang, serta mencegah osteoporosis.

10. Memulihkan energi tubuh dengan cepat

Setelah melakukan aktivitas yang padat, biasanya tubuh merasa letih dan lelah. Gula alami (sukrosa, glukosa dan fruktosa) yang terdapat di dalam buah kurma efektif untuk memulihkan energi yang hilang atau terkuras.

11. Meningkatkan kinerja Otak

Kalium di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kecepatan berfikir dan daya ingat otak.

sumber gambar: sherylkirby.com

12. Meningkatkan kebugaran pria

Zinc yang ada di dalam buah ini mampu meningkatkan produksi hormon testosterone yang baik untuk kebugaran pria.

13. Mencegah Sembelit

Asam amino dan serat larut di dalamnya bermanfaat untuk meningkatkan kinerja sistem pencernaan. Kurma termasuk makanan laksatif yang mampu mencegah konstipasi.

14. Baik untuk Ibu hamil

Hormon oksitosin yang dikandung pada buah ini bermanfaat untuk memperlancar persalinan dan keluarnya ASI. Glukosa dan fruktosa di dalamnya memberi kekuatan bagi wanita saat proses persalinan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Manfaat Kurma Tak Terduga Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.