10 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Juga Kecantikan

Buah tin (Ficus carica) memiliki sekian banyak manfaat kesehatan disebabkan nutrisi di dalamnya. Bahkan, perannya di dunia kecantikan cukup signifikan. Menurut Professor J. A. Vinson dari Scranton USA, buah Tin bebas lemak, garam dan kolesterol. Namun, kaya akan zat besi, kalium, dan serat larut.

Fakta nutrisi buah Tin

Buah yang penuh berkah ini dilengkapi dengan nutrisi penting seperti Thiamine (vitamin B1), Riboflavin (Vitamin B2), Niacin (Vitamin B3), Pantothenic acid (vitamin B5), Vitamin B6, folat, vitamin C, Protein, karbohidrat, gula, energi, dan serat. Mineral yang terdapat di dalamnya seperti kalsium, zat besi, Magnesium, fosfor, Potassium, dan Zinc.


buah tin
foto: plandorex.com


10 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Yang Luar Biasa


1. Mencegah Kanker

Antioksidan yang disebut polyphenols disediakan di dalamnya, sangat berguna untuk melawan radikal bebas yang dapat menyebabkan kanker. Zat lainnya seperti coumarins dan benzaldehyde, berperan dalam mencegah kanker prostat, mikro-organisme patogen, jamur, dan virus. Penting: 14 Cara Mencegah Kanker Yang Mudah Anda Lakukan!

2. Mengobati Hipertensi dan mencegah serangan Jantung

Buah ini memiliki asam lemak omega-3, omega-6, fenol, kalium, dan magnesium. Semua zat itu bermanfaat untuk menurunkan tekanan darah, serta mencegah serangan jantung koroner.

3. Mengatasi sulit tidur

Di dalam buahnya terkandung Tryptophan, yaitu asam amino yang meningkatkan produksi serotonin di otak. Serotonin berfungsi untuk menimbulkan perasaan tenang dan nyaman. Dengan adanya zat ini, maka Anda akan terhindar dari gangguan tidur seperti insomnia. Penting untuk dibaca: 13 Cara Mengatasi Insomnia Secara Alami

4. Menurunkan kadar asam urat


Penyakit encok umumnya disebabkan konsumsi daging merah secara berlebihan, sehingga merusak asam sel somatic. Zat tertentu di dalam buah ini dapat mengubah trimethyl menjadi folat, sehingga menstimulasi kinerja enzim di dalam tubuh. Ringkasnya, zat ini mencegah penimbunan asam urat pada persendian.

5. Aman bagi penderita kencing manis

Serat dalam jumlah tinggi di dalam buah ini, dapat menghambat penyerapan glukosa di usus kecil. Perpaduan antara gula sederhana dengan serat, berperan dalam mengontrol kadar gula darah. Meskipun demikian, hindari konsumsi secara berlebihan.

6. Menurunkan Kadar Kolesterol Darah

Buah tin memiliki pektin yang efektif dalam mengurangi tingkat kolesterol darah. Di dalam saluran pencernaan, serat pektin mengikat kolesterol di usus untuk dibuang keluar dari tubuh.

7. Mencegah Tulang keropos

Kalsium yang dikandung buah ini dibutuhkan tubuh untuk meningkatkan kepadatan tulang, sehingga mencegah tulang rapuh dan keropos (osteoporosis). Asupan kalsium harus dipenuhi oleh tubuh, terutama di usia lanjut.

8. Baik untuk Ibu Hamil

Buah Tin cocok dikonsumsi oleh ibu setelah persalinan. Zat besi yang hilang akan digantikan olehnya secara alami. Jauh lebih baik dibandingkan konsumsi suplemen zat besi yang umumnya menyebabkan sembelit (konstipasi).


Manfaat Buah Tin Untuk Kecantikan Kulit Dan Tubuh


9. Menurunkan Berat Badan

Serat larut terdapat di dalam buahnya, sangat cocok dikonsumsi oleh Anda yang memiliki berat badan berlebih. Anjuran dari ahli gizi dan diet untuk konsumsi buah ini dengan teratur.

10. Mengobati jerawat

Buah Ara mengandung mineral alkali yang bermanfaat untuk mengontrol pH darah, serta menjaga kecantikan kulit. Konsumsi buah ini secara teratur dan terapkan buahnya yang telah dihaluskan pada wajah Anda sebagai masker alami, biarkan selama 15 menit sebelum dicuci.

Manfaat lain dari buah tin antara lain digunakan sebagai obat pencahar (mengatasi sembelit kronis), pereda sakit, diuretik, dan pelancar (laxative).

Buah tin sering digunakan dalam pengobatan tradisional untuk mengobati penyakit maag, luka borok, flu burung, dan gangguan siklus menstruasi. Makan buah tin secara rutin dapat mencegah kelelahan, serta meningkatkan daya ingat.

Itulah manfaat kesehatan yang dimiliki oleh buah tin. Masih banyak manfaat lain yang belum terungkap.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

10 Manfaat Buah Tin Untuk Kesehatan Juga Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.