5 Cara Mengobati Mata Ikan Dengan Cepat Dan Alami

Cara mengobati mata ikan di kaki, dapat menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar kita. Mungkin anda bertanya, apakah mata ikan? Bagaimana kondisi itu dapat terjadi? Penyakit mata ikan dalam bahasa medis disebut clavus, atau juga disebut Plantar Wart. Masalah kesehatan ini disebabkan oleh infeksi virus HPV.

5 Cara Mengobati Mata Ikan Dengan Cepat Dan Alami
Mata ikan atau caplak merupakan penebalan pada kulit kita, akibat gesekan benda keras. Jika dibiarkan, terkadang timbul rasa nyeri. Dan, tentu saja masalah ini sangat mengganggu penampilan dan kenyamanan. Caplak dapat tumbuh membesar, dengan akar yang menghujam ke dalam jaringan kulit.

Penyebab mata ikan

Penyakit caplak dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Berikut ini beberapa faktor yang dapat mengakibatkan munculnya mata ikan:

Virus

Seperti disebutkan di awal, penyebab utama terjadinya mata ikan adalah Human papilloma Virus.

Penyakit tertentu

Mata ikan bisa dapat terjadi akibat kelainan pada saraf pembuluh darah, seperti pada penderita diabetes. Bagi penderita gula darah tinggi, harus konsultasi dengan dokter sebelum mengobati mata ikan. Mengingat luka kecil pada pasien diabetes, sangat sulit untuk diobati.

Gesekan pada kulit secara berulang-ulang

Penggunaan sepatu terlalu sempit atau gesekan telapak tangan dengan setir, dapat berakibat penebalan kulit. Kondisi kulit ini dapat beresiko terjadi infeksi dan menumbuhkan mata ikan.


5 Cara Mengobati Mata Ikan Dengan Cepat Dan Alami


Untuk menghilangkan mata ikan dengan cepat, ada beberapa bahan alami yang dapat digunakan. Selain aman dan tidak ada efek samping, cara tradisional ini dapat melenyapkan caplak yang akarnya sulit dicabut. Berikut ini sejumlah bahan tradisional yang dapat dicoba:

1. Biji Petai

Cara cepat untuk menghilangkan caplak di kaki atau tangan, dapat menggunakan biji petai. Caranya mudah, gores biji petai dengan pisau untuk mengeluarkan minyaknya. Tempelkan pada caplak di kulit anda dan tutup dengan plester, biarkan selama semalaman. Lakukan pengobatan dengan rutin setiap hari.

Bahkan, di hari pertama biasanya hasil telah terlihat. Warnanya akan berubah makin putih dan rapuh. Anda dapat menggosok caplak, tidak perlu terlalu keras. Berdasarkan pengalaman seseorang, caplak dan akarnya akan hilang dalam seminggu tanpa mengeluarkan darah.


2. Getah pepaya

Cara lain yang juga efektif untuk mengobati mata ikan adalah menggunakan getah pepaya. Pertama, rendam kaki anda ke dalam air hangat yang berisi garam selama 15 menit. Keringkan kaki anda dengan handuk bersih, kemudian terapkan getah pepaya pada mata ikan. Lakukan perawatan ini secara rutin, setiap malam sebelum tidur.

3. Buah lemon

Lemon memiliki sifat antibiotik yang dapat bermanfaat untuk mengobati mata ikan. Oleskan air lemon pada mata ikan secara teratur setiap hari, hingga mata ikan menjadi lembek kemudian gosok dengan batu apung secara hati-hati.

4. Bawang putih

Mata ikan juga dapat dihilangkan dengan bawang putih, meskipun butuh waktu untuk menyembuhkan yang lebih lama. Caranya, tumbuk bawang putih hingga lumat, tempelkan pasta ini pada kulit yang mengeras akibat mata ikan.

5. Getah pohon kamboja

Salah satu obat alami yang sangat efektif untuk menghilangkan mata ikan dengan cepat, dengan menggunakan getah dari pohon kamboja. Cukup oleskan getahnya pada area yag bermasalah setiap menjelang tidur malam. Lakukan dengan rutin sampai penyakit sembuh.

Nah, itulah penyebab mata ikan dan cara mengobatinya dengan cepat dan alami. Simak juga: 8 Cara Menghilangkan Panu Di Wajah Secara Alami. Semoga bermanfaat bagi anda yang sedang bingung mencari solusi bagi masalah kesehatan ini.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

5 Cara Mengobati Mata Ikan Dengan Cepat Dan Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.