13 Manfaat Daun Mimba Untuk Kecantikan dan Pengobatan

Obat alami - Daun mimba atau nimba telah lama dikenal dalam pengobatan ala India. Disebabkan efek farmakologis dalam tanaman ini, maka mimba sering digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan. Manfaat daun mimba termasuk untuk mengobati penyakit ringan seperti diare, hingga penyakit berat seperti kanker dan diabetes. Tidak berhenti di situ, daun nimba juga efektif untuk merawat kecantikan kulit termasuk pengobatan jerawat, panu, dan masalah kulit lainnya.

13 Manfaat Daun Mimba Untuk Kecantikan dan Pengobatan
Tanaman mimba (Azadirachta indica A. Juss) memiliki batang kayu berkualitas, bahkan setara dengan pohon jati. Mimba adalah tanaman perdu yang banyak ditemukan di wilayah tropis terutama pulau Jawa, tumbuh di tepi jalan sebagai peneduh. Masih sedikit yang mengetahui manfaat daun nimba, karena sekilas penampilannya tidak berbeda dengan tanaman peneduh lainnya.

Daun mimba berwarna hijau muda, pola tepi daunnya bergerigi mirip dengan daun kedondong dan rasanya pahit. Panjang daunnya sekitar 3-10 cm. Mimba dapat hidup pada cuaca yang sangat panas, termasuk di padang pasir.

Kandungan daun mimba

Beberapa zat penting yang terdapat di dalam daun mimba seperti quercetin, nimbine, nimbolide, azachdirichtin, asam asetiloksituranoe, dan 6-desacetylbimbine. Daun mimba juga mengandung senyawa betasitosterol, hyperoside, rutin, quercitrin, azadirachtin, flavonoida, glikosida, triterpenoid, dan minyak gliserda.

Daun mimba memiliki sifat antibakteri, antifungi, antikanker dan repelan. Selain itu, efek farmakologis lainnya termasuk antivirus, antipiretik dan anti-rematik.


13 Manfaat Daun Mimba Untuk Kecantikan dan Pengobatan


Kulit pohon mimba efektif untuk mengobati nyeri lambung, demam, dan malaria. Sedangkan daunnya berguna untuk mengobati hepatitis, diabetes mellitus, penyakit liver, kanker, eksim dan lainnya. Berikut manfaat daun mimba untuk pengobatan dan kecantikan kulit:

1. Mengobati cacingan


Beberapa senyawa biokimia yang ada dalam daun mimba ternyata berguna untuk mengatasi cacingan pada anak. Caranya cukup dengan konsumsi ekstrak mimba atau air rebusan secara rutin hingga sembuh.

2. Meredakan diare

Capek pulang-pergi ke toilet karena diare, atasi dengan daun mimba. Caranya, rebus 5 lembar daun mimba dengan 3 gelas air hingga mendidih selama 2 menit. Setelah airnya dingin, tambahkan madu dan minum dengan segera. Baca juga: Cara mengobati diare secara alami dan cepat.

3. Mengobati masuk angin

Untuk mengatasi masuk angin, jemur daun mimba sampai kering. Rebus bersama rimpang jahe hingga mendidih selama beberapa saat. Saring, kemudian minum ramuan tradisional ini selagi hangat.

4. Menurunkan kadar gula darah

Hasil penelitian menunjukkan bahwa konsumsi ekstrak minyak mimba selama 14 hari dengan rutin, mampu mencegah naiknya kadar gula darah. Ekstrak mimba memiliki aktifitas hipoglikemik yang setara dengan glibenclamide (bahan penurun diabetes). Untuk mendapatkan manfaat ini, anda dapat minum air rebusan dari daun nimba secara teratur.

5. Membersihkan luka

Air rebusan daun mimba juga dapat digunakan untuk mencuci luka gores atau memar. Manfaat ini berasal dari sifat antibakteri di dalam daunnya.

6. Mengobati Hepatitis

Meskipun rasanya pahit, daun mimba memiliki sejumlah zat dan senyawa penting yang berguna untuk menyembuhkan penyakit hepatitis dan penyakit liver.

7. Meredakan nyeri akibat rematik

Daun mimba mengandung azachdirichtin, oksituranoe, asam asetil, dan minyak gliserda. Semua zat tersebut bersifat antipiretik dan antirematik, sehingga efektif untuk mengobati gejala reumatik.


Manfaat daun mimba untuk kecantikan kulit dan rambut


8. Mengatasi ketombe dan rambut kering

Campur air rebusan daun mimba dengan madu murni, terapkan pada rambut sebagai kondisioner. Ramuan alami ini efektif untuk menghilangkan ketombe, dan melembabkan rambut yang kering dan kusut.

9. Mengurangi flek hitam dan pigmentasi

Tanda penuaan dini lainnya adalah pigmentasi kulit dan noda hitam. Atasi gangguan kulit ini dengan ramuan nimba. Campur bubuk mimba dengan bubuk cendana, ekstrak kemangi, dan air mawar hingga terbentuk pasta lembut. Terapkan pasta ini pada wajah Anda hingga kering dengan sendirinya, kemudian cuci wajah anda setelah perawatan.

10. Mengobati jerawat dan komedo

Jerawat merupakan masalah umum yang sering dialami oleh remaja, yang umumnya dipicu oleh produksi minyak berlebih pada wajah. Untuk mengatasi jerawat, cuci wajah anda dengan air rebusan daun mimba dengan rutin setiap malam hari. Perawatan ini juga berguna untuk menghilangkan komedo.

11. Menyegarkan kulit

Air rebusan mimba yang dicampur dengan air jeruk nipis dapat berguna sebagai skin toner, yang aman bagi wajah anda.

12. Mengobati Psoriasis

Psoriasis merupakan penyakit kulit yang ditandai dengan sisik, rasa gatal, dan kerak berwarna kemerahan. Kondisi ini menimbulkan sensasi terbakar pada kulit, tentunya tidak nyaman dan sangat menyakitkan. Minyak mimba berguna untuk mengobati gatal dan iritasi. Minyak alami ini juga melembabkan kulit sehingga mencegah kondisi makin parah.

Untuk mendapatkan manfaat ini, campur bubuk mimba dengan susu, yogurt, dan bubuk mawar hingga menghasilkan pasta halus. Aplikasikan pada kulit anda dan biarkan selama 15 menit sebelum dicuci dengan air bersih yang mengalir.

13. Mengecilkan pori-pori kulit

Salah satu tanda penuaan dini adalah pori-pori kulit semakin membesar. Nah, untuk mengatasi masalah kulit ini, gunakan masker mimba. Caranya, campur air rebusan daun mimba atau ekstrak mimba dengan yogurt, madu murni, tepung maizena, dan susu kedelai. Aplikasikan pada wajah anda menjelang tidur malam secara rutin, 3 kali dalam seminggu.

Nah, itulah 13 manfaat daun mimba untuk kecantikan dan pengobatan. Simak juga: Cara melentikkan bulu mata yang benar dan alami. Anda dapat mendapatkan daun ini di sekitar area hutan atau sepanjang tepi jalan di pulau Jawa. Mungkin anda pernah melihatnya di suatu tempat yang sering dikunjungi?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Manfaat Daun Mimba Untuk Kecantikan dan Pengobatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.