8 Manfaat Minyak Pohon Teh Bagi Kulit dan Rambut

Obat alami - Minyak pohon teh mungkin masih asing bagi kita. Wajar saja, karena memang penghasil minyak ini adalah pohon yang banyak tumbuh di Australia. Minyak pohon teh adalah minyak esensial yang diperoleh dari proses destilasi daun melaleuca alternifolia. Pohon ini sangat langka dan sulit ditemukan, kecuali di pantai timur laut Australia. Minyak alami ini memiliki segudang manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

8 Manfaat Minyak Pohon Teh Bagi Kulit dan Rambut
Meskipun pohon melaleuca tidak tumbuh di Indonesia, namun minyaknya diproduksi oleh beberapa produsen kosmetik. Ciri-ciri minyak pohon teh adalah warnanya hijau kekuningan.

Minyak pohon teh memiliki efek farmakologis yang berguna untuk pengobatan penyakit tertentu. Selain itu, sifat alami dari minyak ini bermanfaat untuk merawat kecantikan tubuh. Minyak pohon teh bersifat anti virus, ekspektoran, anti mikroba, anti bakteri, stimulan, antiseptik, balsamic, dan cicatrisan. Khasiat minyak pohon teh telah lama diketahui oleh penduduk Aborigin untuk melawan berbagai jenis penyakit.

Jadi, bagaimana cara menggunakan minyak pohon teh untuk merawat kecantikan? Seberapa jauh efektifitas dari minyak ini untuk meningkatkan kesehatan rambut? Simak penjelasan dan cara membuat ramuannya, di bawah ini.


8 Manfaat Minyak Pohon Teh Bagi Kulit dan Rambut


1. Mengobati jerawat

Salah satu masalah umum yang sering dialami oleh anak muda adalah jerawat. Pencet sini, pencet sana tetap saja jerawat muncul, seperti tiada akhir. Nah, untuk mengatasi gangguan kulit ini, cobalah cara alami. Mudah saja, aplikasikan beberapa tetes minyak pohon teh pada wajah anda. Lakukan perawatan ini dengan rutin, sebelum tidur malam.


8 Manfaat Minyak Pohon Teh Bagi Kulit dan Rambut
2. Mengobati eksim

Penyakit kulit seperti eksim dapat diobati dengan cara tradisional. Campur 2 tetes minyak pohon teh dengan 1 sdm minyak kelapa murni. Terapkan campuran ini pada area kulit yang bermasalah, 3 kali dalam sehari.

3. Melembutkan kulit

Untuk merawat kulit sensitif dan kering, anda dapat menggunakan minyak pohon teh. Minyak ini efektif untuk menghidrasi kulit, sehingga mencegah kekeringan dan melembutkan kulit anda. Aplikasikan pada kulit anda, atau tambahkan dengan minyak jojoba.

4. Mengatasi kemerahan pada kulit karena alergi

Untuk meredakan gatal dan kemerahan akibat alergi pada kulit, terapkan minyak esensial pohon teh setiap 3 jam. Lakukan perawatan ini hingga sembuh.

5. Melawan infeksi kulit

Infeksi bakteri dan jamur pada kulit dapat merusak strukturnya, jika tidak diobati dengan tepat. Nah, minyak pohon teh ternyata efektif untuk memerangi infeksi yang merusak kulit anda. Efektifitas ini disebabkan oleh sifat antifungi dan antibakteri yang ada di dalamnya. Caranya, celupkan kapas ke dalam wadah berisi minyak pohon teh kemudian terapkan pada kulit terinfeksi atau teriritasi.

6. Melenyapkan kutil

Aplikasi minyak pohon teh pada kutil di kulit, dapat menghilangkan jaringan kulit berlebih ini. Anda juga dapat mengatasi kutil dengan getah bunga kamboja.


Manfaat Minyak Pohon Teh Untuk Kecantikan Rambut


7. Menghilangkan ketombe


Percaya diri pada seseorang akan hilang begitu saja, ketika ketombe menyerang kulit kepalanya. Bagaimana tidak, serpihan putih yang terlihat jatuh dari rambut anda tentu menimbulkan rasa malu. Untuk mengatasi ketombe, gunakan minyak pohon teh. Minyak ini memiliki sifat anti jamur dan antibakteri, yang ampuh untuk melenyapkan ketombe. Cara menggunakannya tidak sulit, campur minyak pohon teh dan sampho kemudian cuci rambut anda dengannya.

8. Mencegah rambut rontok

Selain jamur dan bakteri, kerontokan rambut dapat disebabkan oleh peredaran darah tidak lancar di kulit kepala. Jika dibiarkan secara terus-menerus, kondisi ini dapat berakibat penipisan yang berakhir dengan kebotakan. Cegah kerontokan pada rambut, dengan minyak pohon teh.

Tuangkan beberapa tetes minyak ini pada telapak tangan anda, oleskan pada rambut dan kulit kepala secara merata. Lakukan pijatan lembut selama beberapa menit, sebelum tidur malam. Jika anda melakukan perawatan ini dengan rutin setiap malam, biasanya kerontokan akan berhenti dalam sebulan.

Nah, itulah 8 manfaat minyak pohon teh untuk kecantikan kulit dan rambut. Kini, minyak ini banyak tersedia dalam bentuk produk kosmetik, Sehingga, anda tidak sulit untuk mendapatkannya di pasaran. Dengan bahan alami ini, kulit anda akan menjadi lembut dan bersinar. Selain itu, masalah rambut pun dapat diatasi sehingga rambut anda bebas dari ketombe dan kerontokan. Simak juga: 6 rahasia kecantikan kulit menggunakan ampas teh. Semoga makin sehat dan cantik selalu.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

8 Manfaat Minyak Pohon Teh Bagi Kulit dan Rambut
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.