12 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami

Mungkin anda bertanya, apakah karang gigi harus dibersihkan? Banyak orang tidak peduli dengan masalah ini. Sebenarnya, plak tidak hanya membuat rasa tidak nyaman di mulut saja. Lebih dari sekedar masalah percaya diri, plak gigi dapat berakibat sangat fatal jika tidak dihilangkan. Menurut penelitian ilmiah baru-baru ini, karang gigi ternyata dapat menjadi sarang bakteri penyebab kanker mulut.

12 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami
Karang gigi adalah kotoran yang berasal dari sisa-sisa makanan yang melekat di gigi. Sisa makanan ini dalam jangka panjang akan mengeras dan menempel di gigi. Untuk menghilangkannya, tidak cukup dengan menyikatnya saja.

Cara menghilangkan karang gigi yang dilakukan oleh banyak orang biasanya dengan pergi ke dokter gigi. Tentu saja perawatan ini membutuhkan biaya yang tidak murah. Kebanyakan orang memilih perawatan medis, dengan alasan hasil yang lebih cepat.

Plak gigi yang parah dan membandel dapat menyebabkan gigi berlubang dan keropos, ujung-ujungnya umur gigi harus berakhir sebelum anda tua. Plak bandel tidak dapat dihilangkan dengan sekali perawatan, tetapi harus bertahap.


12 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami


Metode tradisional tidak menimbulkan efek samping seperti rusaknya enamel gigi. Pastinya, anda dapat melakukan perawatan tradisional ini tanpa biaya mahal karena dilakukan sendiri di rumah.

1. Biji wijen

Kunyah segenggam biji wijen, sampai lembut di mulut anda. Jangan ditelan bijinya, gosokkan pada plak menggunakan sikat gigi. Lakukan perawatan ini setiap malam hari.

2. Kulit jeruk

Keasaman dari jeruk mampu mengikis plak gigi. Tapi kita cukup menggunakan kulit jeruk bagian dalam, untuk menggosok karang yang keras. Lakukan perawatan ini dengan teratur sebelum tidur malam.

3. Perbanyak makan strawberry

Di balik rasa manis asamnya, strawberry ternyata efektif untuk menggerus plak gigi dengan cepat. Anda dapat melihat perubahannya, setelah makan buah ini secara teratur tiap hari.

4. Arang

Kayu bakar yang sudah menjadi arang, ampuh untuk membersihkan karang gigi. Terapkan dengan perlahan dan hati-hati, untuk mencegah luka pada gusi.

5. Biji asam kawak

Cara tradisional untuk menghilangkan karang gigi adalah menggunakan asam kawak. Campur bubuk asam kawak dengan sedikit air, gosokkan pada kerak yang nempel di gigi anda. Lakukan setiap hari, sehingga anda akan terkejut dengan hasilnya.

6. Bata merah

Bubuk bata juga efektif untuk menghilangkan karang gigi. Hati-hati supaya gusi tidak terluka olehnya.

7. Kayu manis


Jika anda ingin berpisah dengan karang gigi, cobalah menerapkan campuran dari beberapa bahan alami. Siapkan 3 sdt baking soda, 30 ml minyak kelapa, 20 tetes minyak kayu manis, dan 2 bungkus bubuk stevia.

Campur dan aduk 4 bahan tersebut, hingga terbentuk pasta atau gel. Dinginkan dalam lemari es selama 12 jam, hingga gel mengental. Gunakan odol alami ini untuk menyikat gigi anda, 3 kali dalam sehari. Lihat perubahannya dalam seminggu.

8. Sari apel atau kulit buahnya

Buah apel memiliki kadar keasaman yang sangat tinggi, yang mampu melenyapkan karang gigi secara bertahap. Cukup dengan makan buah apel beserta kulitnya, atau berkumur dengan cuka apel..

9. Benang gigi

Sisa makanan yang terselip di sela-sela gigi, dapat dibersihkan dengan benang gigi. Jika gigi bebas dari sisa-sisa makanan, anda akan terhindar dari plak.

10. Gunakan biji cengkih

Cengkih sejak lama dikunyah bersama daun sirih, untuk membersihkan gigi. Untuk meluruhkan plak keras yang melekat di gigi, ambil 50 gram bubuk cengkih. Gunakan sebagai odol, gosokkan pada karang gigi yang membatu. Cengih juga berguna untuk menghilangkan bau mulut, sehingga nafas anda lebih segar dan harum.

11. Buah tomat

Cara mudah untuk menghilangkan karang gigi dengan makan buah tomat. Selain itu, kulit tomat dapat digosokkan pada plak, biarkan selama 5 menit sebelum berkumur.

12. Jangan asal pilih pasta gigi

Untuk membersihkan kerak yang melekat, gunakan odol yang berbahan fluoride atau tartar control. Zat tersebut mampu menghilangkan kerak gigi yang bandel.


Cara mencegah karang gigi


Kurangi makanan manis dan lengket

Makanan yang mengandung banyak gula atau tepung dapat tertinggal di sela gigi anda, sehingga bakteri betah menetap di sana.

Sering berkumur

Bukan hanya sisa makanan, tapi bau mulut juga dapat dihilangkan dengan sering berkumur terutama setelah makan. Pelajari: Cara Menyikat Gigi Dengan Benar Sesuai Arahan Medis

Sering minum air putih.

Air akan membilas sisa makanan dan bakteri yang ada di dalam mulut anda.

Konsultasi dengan dokter gigi, 2 kali dalam setahun

Jangan hanya mengunjungi dokter, saat sakit gigi saja. Periksakan kesehatan mulut dan gigi anda, setidaknya 6 bulan sekali.

Nah, itulah 12 cara mudah menghilangkan karang gigi secara alami. Mungkin anda pernah mencoba salah satu dari metode tradisional di atas? Perlu anda tahu: 9 Cara Mengobati Sakit Gigi Dengan Bahan Alami

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Cara Mudah Menghilangkan Karang Gigi Secara Alami
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.