13 Manfaat Semangka Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut Yang Menakjubkan

Manfaat buah semangka kuning untuk kesehatan, tidak kalah dibandingkan dengan semangka merah. Buah yang segar rasanya ini sangat cocok dikonsumsi sebagai makanan penutup, setelah makan besar. Di balik warna kulitnya yang hijau dan bercorak, buah bulat ini punya sederet manfaat untuk kecantikan kulit dan rambut.

13 Manfaat Semangka Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut Yang Menakjubkan
Citrullus lanatus merupakan nama ilmiah dari semangka, dimana rasa buahnya yang manis dan segar sangat pas untuk menghilangkan dahaga. Buah tropis ini dilengkapi dengan berbagai nutrisi gizi, sehingga tidak heran jika punya kegunaan untuk meningkatkan kecantikan kulit.

Sebelum membahas tentang apa saja khasiat buah semangka untuk perawatan kecantikan, tidak ada salahnya untuk mengetahui nutrisi gizi buah semangka.

Di dalam buah renyah ini terdapat beberapa nutrisi penting seperti vitamin A, B6, C, E, tiamin, zat besi, natrium, kalsium, karbohidrat, fruktosa, dan kalori. Semangka juga dilengkapi dengan kalori dan serat, tanpa kandungan lemak. Antioksidan dalam buah ini berasal dari senyawa fenolik seperti karotenoid, E-cucurbitacin, dan likopen.


13 Manfaat Semangka Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut Yang Menakjubkan


Fakta yang cukup mengejutkan di dunia kecantikan, terkait manfaat buah semangka untuk tubuh kita. Tidak hanya lezat dan enak untuk disantap saat cuaca panas, tapi buah ini ternyata kaya akan manfaat kecantikan seperti berikut ini:

1. Sebagai tabir surya alami

Paparan sinar UV dapat merusak kulit anda, hampir semua wanita menyadari masalah ini. Selain menggunakan sunblock, anda dapat menggunakan jus semangka sebagai tabir surya dengan mengoleskan pada kulit anda. Dampak paparan sinar matahari terhadap kulit dapat dikurangi hingga 40 persen, dengan mengkonsumsi 2 cangkir jus semangka setiap harinya. Pelajari juga: Tips Memilih Sunblock Sesuai Jenis Kulitmu

2. Menunda penuaan

Antioksidan alami yang terdapat dalam buah semangka, mampu memerangi radikal bebas penyebab penuaan dini. Antioksidan ini berasal dari likopen, vitamin A, dan C. Dengan rutin makan buah ini, tanda penuaan seperti keriput, bintik hitam, dan garis-garis halus di wajah dapat dicegah. Sehingga kulit tetap indah dan awet muda.

3. Sebagai obat jerawat

Campur jus semangka dengan yogurt dan madu, terapkan pada wajah yang berjerawat. Biarkan selama ¼ jam, sehingga nutrisi di dalamnya dapat diserap. Bilas dengan air hangat kemudian air dingin.

4. Membuat kulit tetap lembab


Selain kandungan air yang berlimpah dalam semangka sehingga menjaga hidrasi tubuh, anda juga dapat menerapkan jus semangka pada wajah. Biarkan selama 15 menit, basuh wajah dengan air hangat. Perawatan ini jika dilakukan dengan teratur dapat berguna untuk melembabkan kulit dari dalam dan luar.

5. Memutihkan wajah

Jus semangka juga berkhasiat untuk mencerahkan warna kulit anda. Caranya dengan menjadikan buah ini sebagai masker bagi kulit wajah.

6. Mengurangi minyak di wajah

Wajah berminyak data disebabkan oleh pori-pori yang membesar, sehingga kelenjar minyak banyak mengeluarkan sebum. Buah semangka kaya akan vitamin A yang membantu untuk mengecilkan pori-pori di wajah dan menekan produksi kelenjar sebaceous.

Cara menggunakan: Tumbuk daun mint kemudian campur dengan jus semangka. Dinginkan dalam freezer sampai membeku. Gosokkan es ini pada wajah anda, untuk mengecilkan pori-pori kulit.

7. Menghilangkan bekas luka dan jerawat

Aplikasi masker semangka pada bekas luka dapat menghaluskan kembali area kulit tersebut. Lakukan perawatan dengan rutin untuk menyingkirkan bekas jerawat dan sebagainya.

8. Meregenerasi sel kulit

Ingin memiliki wajah yang selalu remaja? Dengan aplikasi masker semangka pada wajah secara rutin, maka kulit mati akan terangkat dan diganti dengan sel kulit baru yang muda dan segar. Sehingga masalah kulit kusam dapat teratasi.

9. Menurunkan berat badan

Anda tidak akan menjadi gemuk, dengan makan buah semangka. Faktanya, buah ini bebas kolesterol sehingga tidak menambah berat badan anda. Bahkan, setelah anda mengkonsumsinya maka kadar argini dalam darah mengalami peningkatan sehingga membantu untuk melangsingkan tubuh secara bertahap tapi pasti.


Manfaat Buah Semangka Untuk Kecantikan Rambut


Bukan hanya bermanfaat untuk merawat kulit anda, ternyata buah semangka juga efektif untuk meningkatkan kecantikan rambut. Berikut ini khasiat jus semangka untuk rambut anda:

10. Mengatasi masalah kerontokan rambut, yang disebabkan oleh kerapuhan folikel rambut. Dalam hal ini yang digunakan adalah kulit semangka.
11. Melembabkan rambut kering.
12. Menutrisi rambut anda.
13. Sebagai hair tonic alami, sehingga rambut tumbuh dengan subur dan tebal.

Nah, itulah 13 manfaat buah semangka untuk kecantikan kulit dan rambut yang menakjubkan. Tidak sulit untuk menemukan buah ini, karena banyak tersedia di toko buah dan supermarket. Jadi, cantik tidak selalu butuh biaya mahal, kan? Simak juga: 22 Manfaat Buah Manggis Untuk Kesehatan Dan Kecantikan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

13 Manfaat Semangka Bagi Kecantikan Kulit Dan Rambut Yang Menakjubkan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.