21 Manfaat Castor Oil Bagi Kecantikan dan Kesehatan

Obat Alami - Minyak Jarak kini hampir semua wanita tahu, apa khasiat dan manfaatnya untuk kecantikan. Mulai dari masalah jerawat, bibir pecah-pecah, rambut rontok, dan masalah kecantikan lainnya.

Manfaat minyak jarak untuk kesehatan pun tak bisa diabaikan, termasuk untuk mengatasi insomnia, kanker, dan tumor. Luar biasa, bukan? Khasiat castor oil untuk pengobatan dan kecantikan.


Minyak jarak untuk kecantikan rambut
Bagi anda yang belum tahu, minyak jarak berasal dari olahan biji jarak. Minyak alami ini terkenal dalam pengobatan tradisional, sebagai obat pencahar maupun anti-inflamasi. Terutama di India, Mesir, dan Cina. Seiring perkembangan dunia pengobatan, kini minyak jarak banyak digunakan oleh industri obat.

Kandungan minyak jarak

Castor oil mengandung minyak ricinic, termasuk ricinoleic acid, oleic acid, linolenic acid, isoricinoleic acid, dan stearic acid. Biji jarak dilengkapi juga dengan enzim lipase, Glycerida, Asam sebasat, Asam dikarbosilat, lodin, dan lainnya. Komposisi lainnya seperti omega-6, omega-9, protein, vitamin E, Mineral, Anti jamur, dan Anti bakteri alami.


21 Manfaat Castor Oil Bagi Kecantikan dan Kesehatan


Penting untuk anda ketahui bahwa khasiat minyak jarak ini hanya didapat dengan cara pengobatan luar, bukan untuk diminum. Sebagai obat luar, aman digunakan oleh anak-anak sampai orang tua.

Minyak jarak dijual bebas di toko obat herbal dengan harga yang terjangkau. minyak yang di pakai secara turun menurun. Cara membuat minyak jarak sebenarnya tidak sulit. Baiklah, inilah manfaat castor oil untuk kecantikan:

1. Mengatasi mata panda dan garis halus di wajah

Tanda penuaan ini membuat anda terlihat tua dari usia sebenarnya. Ambil bola kapas, basahi dengan minyak jarak. Terapkan pada lingkaran di sekeliling mata anda.

2. Memerahkan bibir

Tak perlu repot untuk membuat bibir merah secara alami, bahkan bibir anda akan terlihat lebih merona tanpa lipstik. Caranya dengan menerapkan minyak jarak pada bibir secara merata, biarkan selama 5 menit. Ulangi perawatan ini, 3 kali dalam sehari.

3. Mengurangi bekas jerawat

Wajah cantik atau ganteng pun akan pudar, dengan adanya noda hitam bekas jerawat. Cara tradisioanal untuk menghilangkan bekas jerawat, salah satunya dengan menerapkan minyak jarak pada area yang bermasalah. Selengkapnya: 10 Cara Alami Menghilangkan Bekas Jerawat

4. Mencegah bibir pecah-pecah

Dehidrasi akibat cuaca panas sering menyebabkan bibir menjadi kering dan pecah-pecah. Asam lemak yang terkandung dalam minyak jarak, bukan hanya melembutkan kulit bibir tapi juga mampu melindungi bibir dari kekeringan. Simak juga: 12 Cara Cepat Mengobati Sariawan

5. Memudarkan stretchmark

Tanda parut di kulit dapat disamarkan dengan menerapkan minyak jarak. Dengan pemakaian rutin setiap hari, maka warna kulit lebih cerah.

6. Mengobati tumit kaki pecah-pecah dan kasar

Tumit retak pastinya menghilangkan rasa percaya diri, terutama bagi kaum wanita. Solusi bagi masalah ini adalah minyak jarak. Metode tradisional yang ampuh untuk mengatasi kulit kasar dan pecah-pecah. Lebih lengkap: 9 Cara Tradisional Mengatasi Tumit Retak

7. Melebatkan rambut

Takut botak akibat rambut rontok? Jangan khawatir, aplikasikan minyak jarak secara rutin pada rambut anda. Jangan bosan melakukan perawatan ini, untuk membuat rambut tipis menjadi tebal dan lebat. Minyak alami ini juga berguna sebagai kondisioner, yang akan membuat rambut mengkilap.

Untuk menumbuhkan rambut, siapkan 3 sdm minyak jarak, 1 sdm minyak kelapa, dan 1 sdm minyak jajoba. Campur dan aduk ketiga bahan tersebut, terapkan pada kulit kepala anda. Basahi juga ujung rambut hingga pangkal.

8. Menebalkan alis mata

Wanita selalu ingin tampil cantik. Alis mata yang tebal, menjadi salah satu dambaan wanita. Cara alami untuk menebalkan alis mata, salah satunya dengan mengoleskan minyak jarak secara rutin. Baca lainnya: 10 Cara Cepat Menebalkan Alis Secara Alami

9. Mengurangi ketombe

Sibuk menggaruk kulit kepala akibat ketombe? Jangan biarkan hal itu terjadi secara terus-menerus. Atasi dengan menerapkan minyak jarak pada rambut dan kulit kepala secara menyeluruh, untuk mencegah kulit terkelupas. Nutrisi di dalamnya akan melindungi kulit kepala dan rambut dari infeksi jamur dan mikroba. Lebih detail: 8 Cara Cepat Menghilangkan Ketombe Secara Tuntas

10. Melembabkan kulit wajah


khasiat castor oil
Polutan, radikal bebas menjadi pemicu penuaan kulit di wajah. Begitu pula dengan sengatan matahari. Minyak jarak dapat digunakan untuk membuat kulit wajah kering menjadi lembab kembali. Aplikasikan pada kulit anda secara teratur, untuk hasil terbaik.

11. Menghilangkan kutil

Tidak berbeda dengan getah pohon kamboja, minyak jarak ternyata juga ampuh untuk menghilangkan kutil.

12. Menyamarkan bekas luka di kulit

Bukan hanya sebagai penghilang bekas jerawat, tapi minyak jarak juga berguna untuk menyamarkan warna bekas luka. Cukup dengan aplikasikan pada area kulit yang bermasalah.

13. Sebagai pembersih riasan di wajah

Make-up wajah yang tidak dibersihkan sebelum tidur, akan berakibat buruk bagi kecantikan kulit seorang wanita. Penuaan dini pada kulit, dapat terjadi akibat kebiasaan buruk ini. Bersihkan sisa-sisa make-up menggunakan minyak jarak.

14. Mengatasi kulit berminyak

Wajah belepotan oleh minyak pastinya sangat mengganggu aktivitas anda. Dengan menerapkan minyak jarak, maka masalah ini dapat diatasi. Castor oil juga berkhasiat untuk mengatasi pigmentasi.


Manfaat Minyak Jarak Untuk Kesehatan


Bukan hanya berguna untuk perawatan kecantikan saja, berikut ini adalah khasiat castor oil untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan:

15. Meredakan gejala rematik dan asam urat

Minyak jarak diperkaya dengan asam lemak, termasuk asam oleat, risinoleat, dan linoleat. Asam ini mampu mengurangi gejala rematik, asam urat, dan radang sendi. Gunakan minyak ini sebagai obat gosok, untuk mengatasi nyeri sendi atau osteoarthritis.

16. Meringankan gejala ambeien

Masalah sembelit dapat berakhir dengan gejala wasir, jika dibiarkan tanpa mengubah pola makan dan gaya hidup. Rasa sakit akibat wasir dapat dikurangi dengan penggunaan minyak jarak sebagai obat pencahar dan anti-inflamasi, dimana gerakan usus menjadi teratur dan perdarahan akibat wasir dapat dicegah.

17. Melancarkan ASI

Bagi ibu yang menyusui bayinya dan tidak lancar, cobalah menerapkan minyak jarak sebagai obat luar.


khasiat castor oil untuk kecantikan kulit
18. Meredakan peradangan akibat infeksi

Minyak jarak mengandung ricinoleat acid, yang efektif dalam menekan pertumbuhan bakteri, virus, dan ragi. Jenis asam ini mampu meredakan rasa sakit dan inflamasi yang disebabkan oleh infeksi.

19. Meredakan alergi

Kulit gatal-gatal dan kemerahan akibat alergi cuaca dingin ataupun makanan, dapat diobati dengan mengoleskan minyak jarak pada area kulit tersebut.

20. Sebagai obat luka bakar dan lecet

Wajah anda memerah terkena sengatan matahari? Atau tumit anda lecet oleh gesekan sepatu? Aplikasikan minyak jarak pada area kulit tersebut, untuk mengatasinya.

21. Mengobati borok dan cantengan

Minyak biji jarak dapat diserap oleh kulit dengan mudah, sehingga baik untuk mengatasi kondisi kulit kering. Kondisi kulit seperti borok maupun infeksi kuku, dapat diobati dengan penggunaan castor oil sebagai obat luar. Artikel menarik lainnya: Cara Tradisional Meluruskan Rambut

Nah, itulah 21 Manfaat Minyak Jarak Untuk Kecantikan dan Kesehatan. Castor oli kini banyak digunakan dalam industri makanan, untuk mencegah pertumbuhan jamur pada produk makanan. Sedangkan pada produk kecantikan, minyak jarak sering digungak sebagai bahan kosmetik, parfum lipstick, lip balm, dan shampo. Semoga bermanfaat.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

21 Manfaat Castor Oil Bagi Kecantikan dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.