6 Cara Mengobati Penyakit TBC Paru Secara Tradisional

Cara mengobati penyakit TBC paru secara tradisional - Obat TBC yang terbuat dari bahan alami sebenarnya banyak ditemukan di sekitar anda, terutama bunga sepatu. Meskipun beberapa pilihan lainnya agak sulit ditemukan, seperti bunga tembelekan, bambu tali, daun legundi, dan biji pronowijo. Jadi, silahkan gunakan obat TB paru yang mudah didapatkan.

Penderita Batuk
Sebelum membahas tentang cara menggunakan bahan-bahan alami untuk mengobati TBC paru, tidak ada salahnya untuk mengetahui apa penyebab penyakit TB dan bagaimana cara mencegahnya.

Tuberkulosis merupakan penyakit infeksi menular yang menyerang berbagai organ tubuh, terutama pada paru-paru. Penyakit ini dibawa oleh bakteri mycobacterium tuberculosis.

Penyakit menular ini tergolong berbahaya. Bahkan,tak jarang penderita dikucilkan oleh banyak orang. Satu hal yang harus anda yakini, bahwa setiap penyakit pasti ada obatnya.

Faktor Penyebab TBC Paru

Beberapa faktor yang dapat meningkatkan risiko terjangkit penyakit ini, antara lain sebagai berikut:

Sirkulasi udara dalam rumah sangat buruk


Keberadaan ventilasi yang tidak memadai di rumah, dapat menyebabkan sirkulasi udara tidak berjalan dengan baik. Udara yang kotor dapat menjadi sarang bakteri dan virus.

Kekebalan tubuh rendah

Seseorang lebih berisiko terserang TB paru, jika imunitas tubuhnya sangat lemah. Daya tahan tubuh yang rendah menyebabkan infeksi bakteri mungkin saja terjadi. Selain itu, kurang gizi dan stres dapat membuat daya tahan tubuh kian menurun.

Lingkungan kumuh

Lingkungan tidak sehat yang terinfeksi oleh bakteri mycobacterium tuberculosis, tidak layak untuk dihuni. Sehingga penting bagi kita untuk menjaga kebersihan lingkungan.


Cara Mencegah Penyakit TBC Paru


Bagaimana pun, upaya pencegahan terhadap penyakit selalu lebih mudah daripada pengobatan. Jadi, anda sebaiknya tidak mengabaikan cara pencegahan berikut ini:

Hindari kontak langsung dengan penderita

Jangan gunakan benda yang sering dipakai oleh penderita TBC, seperti handuk, peralatan makan, dan sebagainya.

Vaksinasi BCG

Imunisasi untuk tuberculosis pada umumnya diberikan sejak bayi. Vaksin BCG memiliki efektivitas sekitar 80 persen, selama 15 tahun. Tapi perlu diingat, bahwa kondisi geografis turut memengaruhi efektivitas vaksin.

Jaga lingkungan tetap sehat

Buat lingkungan di sekitar anda menjadi bersih, jangan biarkan kotor dan kumuh.

Pola hidup sehat

Makanan sehat dan olahraga teratur seharusnya menjadi gaya hidup seseorang, untuk menjaga kekebalan tubuhnya.

Waspada terhadap sekitar anda. Segera tutup mulut anda, jika ada seseorang yang bersin atau batuk.

Kurangi begadang di malam hari.

Gejala Penyakit TBC

Penyakit menular ini biasanya ditandai dengan gejala seperti berikut ini:

  • Demam sedang dalam waktu tidak lama.
  • Lebih dari tiga minggu mengalami batuk-batuk, kadang bercampur darah.
  • Keringat dingin keluar saat malam hari.
  • Sering mengalami gejala influenza.
  • Nafsu makan menurun, demikian pula berat badan penderita.
  • Suasana hati kurang baik (malaise).
  • Nyeri dada.
  • Letih, lemah, dan lesu.

6 Cara Mengobati Penyakit TBC Paru Secara Tradisional


Beberapa jenis bahan alami yang tersedia di sekitar kita, dapat dijadikan sebagai obat alami untuk menyembuhkan penyakit TB paru. Nah, berikut ini cara menggunakan bahan alami sebagai obat TBC:

1. Daun legundi

Rebus 3/5 genggam daun legundi, bersama 3 gelas air. Tunggu hingga airnya tersisa ¾ gelas saja. Tambahkan madu murni, kemudian minum ramuan ini setelah disaring dan air menjadi dingin. Minum 3 kali dalam sehari.

Daun legundi juga dapat digunakan untuk mengobati penyakit beri-beri.

2. Getah bambu

Getah yang diperoleh dari pohon bambu secara empiris diyakini mampu mengobati berbagai jenis batuk. Pengobatan dilakukan selama kurang lebih 6 bulan.

Caranya, pilih bambu tali yang umurnya tidak terlalu tua maupun muda. Potong pucuk bambu tersebut, kemudian bungkus dengan plastik. Lakukan cara ini saat sore hari. Selanjutnya, ambil getah bambu saat matahari bersinar di pagi hari. Minum 3 gelas airnya setiap hari.

3. Biji pronowijo

Seduh ¾ sdt bubuk biji pronowijo bersama ½ cangkir air panas. Tambahkan 1 sdm madu murni, minum selagi hangat di pagi, siang, dan malam hari.

4. Bunga Tembelekan

Ambil 6-10 gram bunga tembelekan bersama 3 gelas air. Biarkan mendidih dan airnya tersisa setengah bagian dari semula. Setelah airnya menjadi dingin, saring dan minum untuk 3 kali dalam sehari.

5. Kembang sepatu

Cuci 3 kuntum bunga sepatu, kemudian tumbuk hingga lembut. Tambahkan ½ cangkir air masak, kemudian peras dan saring. Campur airnya dengan 1 sdm madu murni, minum  3 kali sehari.

6. Umbi bambu tali

Untuk mengobati batuk darah, salah satu obat tradisional yang sering digunakan adalah umbi bambu tali. Tanaman ini banyak tumbuh di Korea dan China. Cara menggunakannya tidaklah sulit. Rebus 6-12 gram umbi bambu tali yang sudah kering, bersama 1,5 gelas air. Ketika airnya masih hangat, minum. Ulangi pengobatan di pagi dan sore hari.


Cara Mengobati Penyakit TBC Secara Medis


Penderita Tuberkulosis sebaiknya mengunjungi rumah sakit atau puskesmas, untuk mendapatkan penanganan yang tepat.

Petugas medis akan memeriksa dahak pasien di laboratorium, biasanya hingga 3 kali. Selama masa pengobatan ini, petugas puskesmas juga mengecek lingkungan di rumah pasien.

Jika hasil tes laboratorium menyatakan positif terhadap tes dahak yang telah dilakukan, maka pengobatan TB paru akan diberikan oleh pihak medis selama 6 bulan.

Pada masa pengobatan pertama, urin penderita menjadi berwarna merah. Hal ini disebabkan oleh penggunaan obat TB yang dikonsumsi oleh pasien. Pada periode kedua, urin penderita akan berwarna kuning.

Pasien harus mengikuti prosedur yang ditentukan oleh pihak medis. Minum obat harus teratur. Jika tidak, pengobatan harus diulang prosedurnya.

Penyakit TBC kronis membutuhkan masa penyembuhan yang sangat lama, sekitar 2 tahun tanpa jeda pengobatan.


Tips pengobatan penyakit TBC


Penderita tidak dianjurkan makan sembarangan, untuk mencegah penyakit makin parah. Makanan pantangan bagi penderita TBC termasuk roti tawar, sereal, gula halus, pudding, kopi, saus, durian, nangka, kedondong, nanas, dan buah lain yang mengandung gas.

Penderita tidak boleh meludah di tempat umum, tapi di tempat sampah dan terkena sinar matahari.
Penderita harus mengkonsumsi makanan yang dimasak dengan sempurna, juga harus mencuci tangannya sebelum makan.
Jemur kasur penderita, untuk mematikan bakteri yang bersarang.

Penting untuk diperhatikan

Sebelum minum obat, penderita sebaiknya berdo’a. Minumlah obat secara rutin dan perbanyak juga minum air putih.

Nah, itulah cara mengobati penyakit TBC paru secara tradisional dan medis. Jalani pola hidup sehat, untuk mencegah penyakit menyerang anda. Bagi penderita, lakukan pengobatan secara intensif dan jangan menyerah hingga sembuh. Simak juga: 7 Obat Alami Untuk Semua Jenis Batuk

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

6 Cara Mengobati Penyakit TBC Paru Secara Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.