34 Khasiat Jeruk Nipis Sebagai Obat Tradisional

Jeruk Nipis sebagai obat alami memang luar biasa manfaatnya untuk menjaga kesehatan dan kecantikan, serta melawan berbagai jenis penyakit. Ibu-ibu pastinya akrab dengan jenis jeruk mungil yang satu ini.

Jeruk yang rasanya sangat asam atau kecut ini memiliki nama ilmiah Citrus aurantifolia, dari keluarga Rutaceae. Bukan hanya sebagai penghilang bau amis pada masakan soto dan daging lainnya, jeruk nipis berkhasiat sebagai obat tradisional yang mampu mengatasi berbagai masalah kesehatan.


Manfaat Buah Jeruk Nipis
Kandungan jeruk nipis

Nutrisi yang terkandung dalam jeruk nipis terdiri dari mikronutrien, makronutrien, mineral, dan beberapa senyawa penting.

Minyak volatile dalam jeruk nipis mengandung vitamin C jumlah tinggi, juga mineral. Secangkir air perasan jeruk nipis menyediakan 1 gram protein, 20 gram karbohidrat, 0,17 gram lemak, 60 kalori, dan 1 gram serat.

Selain terkandung 73 mg vitamin C, dalam secangkir air jeruk nipis juga dilengkapi dengan sedikit mikronutrien seperti vitamin A, B, kalsium, zat besi, kalium, tembaga, magnesium, dan zat fosfor.

Jeruk nipis juga diperkaya dengan flavonoid, yaitu pigmen pemberi warna pada buah. Zat ini bersifat sebagai antioksidan kuat.

Jeruk nipis juga mengandung asam sitrat, yang menyebabkan rasanya getir. Menurut penelitian oleh Journal of Science Gizi dan Vitaminology, asam ini bersifat antibakteri yang mampu menekan penyebaran bakteri dan mencegah infeksi bakteri tertentu.


34 Khasiat Jeruk Nipis Sebagai Obat Tradisional


1. Mengatasi lelah dan letih

Tubuh anda terasa capek setelah aktivitas seharian? Gunakan obat gosok alami. Caranya, sediakan daun jeruk nipis, 10 lembar daun sirih, daun sambiloto, 3 jari akar kelor, akar papaya, 10 buah cabai rawit, daun ketepeng cina, dan 2 jari akar kepayang. Semua bahan digiling sampai lembut, peras untuk mengambil airnya. Gosok-gosokkan pada bagian tubuh yang lelah.

Baca lainnya: Cara Mengatasi Lelah dan Ngantuk

2. Meningkatkan imunitas

Vitamin C dalam jeruk nipis berguna untuk meningkatkan kekebalan terhadap serangan penyakit ringan, seperti pilek dan batuk yang biasanya menyerang di musim dingin. Flavonoid dalam buah ini berperan sebagai antioksidan, yang mampu melawan virus yang berkeliaran di cuaca ekstrim.

3. Mengobati maag

Senyawa flavonoid seperti limonin glukosida yang terdapat dalam jeruk nipis bersifat antiinflamasi dan antibakteri. Senyawa ini seperti antibiotik, yang mempercepat penyembuhan radang lambung.

Lebih lengkap: 9 Cara Mengobati Maag Secara Alami

4. Menyeimbangkan pH darah

pH yang seimbang dalam tubuh terdiri dari 80 persen alkali, dan 20 persen asam. Keasaman akan meningkat, jika seseorang banyak makan es krim, daging, gula, kopi, nasi, dan lainnya. Meskipun rasanya asam, tapi jeruk nipis mengandung acid citric yang mampu menyeimbangkan kadar asam dan basa dalam tubuh.

5. Mengobati sariawan mulut

Para pelaut Inggris biasa mengkonsumsi jeruk nipis, untuk mencegah infeksi rongga mulut dan sariawan. Hal ini dilakukan, mengingat cuaca di laut tidak menentu.

6. Baik untuk penglihatan

Jeruk nipis kaya antioksidan yang efektif melawan radikal bebas. Konsumsi buah ini dengan teratur, akan mencegah katarak atau penebalan lensa mata di usia tua.

7. Melancarkan saluran cerna


Gangguan saluran cerna seperti diare dan sembelit, dapat diatasi dengan minum air hangat yang dicampur dengan perasan jeruk nipis. Pasalnya, pergerakan usus akan lebih baik.

8. Mengobati sinusitis

Minyak atsiri dalam jeruk nipis berguna untuk melawan infeksi virus dan bakteri yang menyerang di rongga sinus.

9. Mencegah penyakit saraf degeneratif

Penyakit Alzheimer dan Parkinson dapat dicegah dengan rutin mengkonsumsi makanan yang sehat dan mengandung flavonoid, termasuk jeruk nipis.

10. Mengontrol kadar asam urat

Penderita asam urat pastinya tersiksa saat beberapa bagian tubuhnya terasa nyeri dan bengkak. Dengan rutin minum jus jeruk nipis di pagi dan sore hari, akan mengatasi penyakit ini. Hal ini disebabkan adanya asam sitrat di dalamnya.

Bukan hanya efektif untuk menurunkan asam urat, perasan jeruk nipis juga dapat berguna untuk detoksifikasi.

11. Mencegah influenza

Menurut Journal of Pharmacheutical, jeruk nipis kaya akan vitamin C dan antioksidan yang dapat melawan infeksi virus influenza dan mencegah perkembangan virus tersebut.

12. Menajamkan penglihatan

Flavonoida dalam jeruk nipis mampu melindungi mata anda dari infeksi dan iritasi. Sedangkan vitamin C di dalam buah ini mencegah kerusakan mata dan degenerasi. Bahkan, pusing akibat mata tegang, dapat diobati dengan minum wedang jeruk nipis.


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kesehatan
13. Sebagai obat batuk

Batuk tak kunjung reda? Cobalah atasi dengan minum air perasan jeruk nipis yang dicampur dengan madu murni dan sedikit garam. Cara lainnya dengan mencampur perasan buah ini dengan kecap.

14. Mencegah kanker

Jeruk nipis mengandung liminoid yang juga ditemukan pada teh hijau, dimana zat ini memiliki sifat anti-kanker. Kanker yang dapat dicegah olehnya termasuk kanker usus besar, leukemia, dan kanker lambung.

15. Meredakan panas dan demam akibat malaria

Penyakit malaria menimbulkan gejala panas demam. Untuk meredakannya, gunakan obat alami. Sediakan 3 lembar daun jeruk nipis, 5 lembar daun prasman, dan selembar daun kendala. Semua bahan direbus bersama 3 gelas air, sehingga airnya berkurang 2 gelas. Setelah airnya dingin, minum untuk 2 kali dalam sehari.

16. Mengobati cacingan

Air jeruk nipis dicampur dengan air kelapa muda dapat dijadikan sebagai obat cacingan. Minum ramuan tradisional ini, 3 kali dalam sehari.

Lebih lengkap: 12 Cara Mengobati Cacingan Pada Anak Dan Orang Dewasa

17. Mencairkan dahak

Dahak yang kental saat seseorang terkena pilek, pastinya sulit dikeluarkan. Nah, encerkan dengan minum obat tradisional. Peras 2 buah jeruk nipis, tambahkan sedikit garam dapur. Minum sebelum makan.

18. Melawan bakteri

Sifat antibacterial dalam jeruk nipis mampu mengatasi beberapa jenis bakteri, termasuk penyebab penyakit tifus, kolera, difteri, dan malaria.

19. Sebagai obat sakit gigi

Manfaat kecubung hitam memang luar biasa. Untuk mengobati sakit gigi, giling akar kecubung dan legetan warak. Peras hingga terkumpul sesendok makan, campur dengan perasan air jeruk nipis. Tambahkan sedikit air garam, aduk hingga rata. Silahkan berkumur dengan airnya selama beberapa menit. Ulangi 4-6 kali tiap hari.

20. Menyembuhkan luka gores

Jeruk nipis memiliki sifat antitoksin dan desinfektan, yang mampu melawan toksin mikroba. Vitamin c yang berlimpah di dalamnya menguatkan pembuluh darah, sehingga tidak mudah rapuh.

Usapkan daging jeruk nipis pada kulit yang tergores oleh pisau, untuk mengobati luka. Sedangkan sebagai obat kudis, terapkan bersama dengan bawang putih yang dilumatkan.

21. Mengobati amandel secara alami

Jeruk nipis juga dapat digunakan sebagai obat radang amandel. Iris-iris 3 buah jeruk nipis, rebus bersama 500 ml air hingga tersisa 375 ml. Setelah dingin, gunakan airnya untuk berkumur sebanyak 3 kali sehari.

22. Mencegah diabetes

Ketidak mampuan metabolisme tubuh untuk mengatur kadar gula darah menyebabkan hilangnya sensitifitas insulin, sehingga berakibat diabetes.

Menurut penelitian oleh American Diabetes Association, serat dalam jeruk nipis mampu mengontrol kadar gula dalam darah.

23. Menyehatkan syaraf

Gangguan otak seperti vertigo dan parkinson, merupakan gangguan neurologis yang mengenai sistem saraf. Untuk mencegah kondisi ini, gunakan obat alami.

Ambil daun jeruk nipis, gosok-gosokkan pada pelipis, leher, dan tengkuk. Lakukan cara ini di pagi dan malam hari.

24. Baik untuk ginjal

Banyak minum air putih sangat baik untuk menjaga kesehatan ginjal anda. Tapi ada obat alami untuk mencegah batu ginjal, salah satunya adalah jeruk nipis. Mineral tertentu dapat terikat oleh kalsium, sehingga terbentuklah batu ginjal. Kondisi ini dapat dicegah oleh asam sitrat yang terdapat di dalam buah ini.

25. Mengobati wasir

Pola makan yang salah dapat berakibat sembelit, yang dapat menyebabkan penyakit wasir (ambeien). Untuk mengatasinya, selain mengubah pola makan, gunakan obat alami. Rebus 10 gram akar jeruk nipis bersama seliter air selama ½ jam. Minum airnya saat hangat, 3 kali dalam sehari.

26. Mengobati radang tenggorokan

Seseorang yang menderita infeksi pada saluran tenggorokan akan merasakan sulitnya menelan makanan, sehingga nafsu makan pun berkurang. Untuk mengatasi masalah ini, buatlah ramuan tradisional. Peras 3 buah jeruk nipis, campur dengan ½ gelas air hangat dan madu murni. Gunakan sebagian airnya untuk berkumur, dan minum sisanya.

27. Mencegah asma

Senyawa antibakteri dalam jeruk nipis berkhasiat untuk menenangkan kontraksi otot halus pada sistem pernafasan, terutama di bagian bronkus. Hal ini menurut studi yang diumumkan oleh World Journal of Pharmacy and Pharmacheutical.

28. Membantu untuk berhenti merokok

Kumpulkan air perasan jeruk nipis dalam gelas. Minum sedikit demi sedikit air tersebut menggunakan sedotan kecil. Lakukan cara ini berulang-ulang dalam sehari.

29. Mengobati anyang-anyangan

Minum air perasan jeruk nipis yang dicampur gula batu dan diseduh dengan air hangat, dapat mengatasi gangguan saat kencing atau anyang-anyangan.

30. Mengatasi otot terkilir

Seduh irisan 3 buah jeruk nipis bersama ½ cangkir air panas, biarkan beberapa saat. Olesi bagian tubuh yang bermasalah, menggunakan 2 sdm minyak gandapura dan kayu putih. Pijat otot tubuh yang terkilir menggunakan ketiga bahan ini. Setelah selesai, minum ¾ gelas air kelapa muda. Lakukan perawatan sebanyak 3 kali dalam sehari.

31. Mencegah penyakit jantung

Serat larut dalam jeruk nipis berguna untuk mengontrol tekanan darah dan kadar LDL (kolesterol buruk). Peradangan pada pembuluh darah pun dicegah olehnya, sehingga mencegah risiko serangan jantung dan stroke.

32. Mengatasi menstruasi tidak teratur

Jeruk nipis juga berkhasiat untuk mengatasi haid yang tidak lancar. Caranya, peras buahnya sampai terkumpul 3 sendok makan. Seduh dalam segelas air panas, tambahkan madu murni. Minum 3 kali sehari.

33. Menyehatkan sistem kemih

Jeruk nipis kaya akan kalium, yang mampu membersihkan zat beracun dan endapan pada ginjal dan kandung kemih. Mineral dalam buah ini juga bersifat desinfektan, yang mampu mengobati infeksi. Endapan kalsium dapat dibersihkan, sehingga saluran kemih menjadi lancar.

34. Membuat tubuh lebih bugar

Caranya, campur air perasan jeruk nipis dengan sebutir kuning telur dan gula merah. Minum sekali dalam seminggu.

Nah, itulah 34 khasiat jeruk nipis sebagai obat tradisional. Anda bisa menanam pohonnya di pekarangan rumah. Setiap anda membutuhkan buah atau daunnya untuk pengobatan, maka tidak sulit untuk mendapatkannya.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

34 Khasiat Jeruk Nipis Sebagai Obat Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.