Manfaat Daun Cincau Untuk Mengobati Berbagai Penyakit

Hampir semua orang menyukai es cincau. Segar dan nikmat. Namun, apakah anda tahu bahan pembuat cincau? Cincau merupakan gel mirip agar-agar yang didapat dari beberapa jenis daun yang direndam. Karbohidrat yang keluar dari daun yang direndam tersebut mampu mengikat molekul air sehingga terbentuklah cincau. Daun yang dipakai sebagai bahan pembuat cincau berbeda-beda, sehingga menyebabkan warna cincau pun bervariasi mulai dari hijau, hijau tua, atau hitam. Namun yang menjadi ciri khas cincau adalah wujudnya yang transparan.

Banyak nutrisi penting yang dikandung oleh Cincau seperti karbohidrat penyerap air, alkaloid, protein, lemak, polifenol, flavonoid, kalsium, fosfor, saponoid, tentradine, kardioplegikum, zat besi, vitamin A, Vitamin B1, Vitamin C, serat, dll.


khasiat cincau

photo: snacktimemunchies.com


Manfaat Daun Cincau Untuk Kesehatan Tubuh


1. Bagi anda yang sedang menjalani program diet, cincau efektif sebagai penunjang diet anda. Ini disebabkan cincau kaya akan serat dan rendah kalori.


2. Cincau baik digunakan untuk semua orang karena mengandung mineral penting, seperti fosfor dan kalsium.

3. Cincau membantu meredakan panas dalam, perut kembung, demam, sembelit, dan diare.

4. Senyawa penting yang terdapat pada Daun Cincau bermanfaat untuk mengendurkan otot-otot tubuh.

5. Daun cincau mengandung isokandrodendrin, senyawa yang dapat mencegah sel tumor.

6. Zat penting lainnya yang dikandung oleh Daun Cincau adalah alkaloid. Ini bermanfaat untuk pencegahan terhadap kanker ginjal, penurun hipertensi, dan anti peradangan.

7. Zat pada daun cincau juga mampu melawan leukemia, kanker paru-paru, kanker mulut rahim, dan kanker paydara.

Catatan: Cincau baik digunakan dalam bentuk segar, belum diubah sebagai jelly. Ini dimaksudkan untuk mengikat lemak yang berlebih dan asam lambung. Cara ini juga efektif untuk mengobati luka pada lambung dan usus.

Daun Cincau


Manfaat Daun Cincau Untuk mengobati Berbagai Penyakit


1. Menurunkan Hipertensi

Basahi daun cincau, kemudian remas hingga berubah menjadi hijau. Anda dapat meminumnya setelah berubah menjadi agar-agar. Tambahkan gula aren agar lebih enak.
[Lainnya: Cara Menurunkan Hipertensi Secara Alami]

2. Mengobati Demam

Ambil rimpang cincau, kemudian diris dan direbus. Setelah dingin, minum airnya. Cara lain adalah dengan menyeduh akar cincau ke dalam air panas.

3. Mengobati Typhus, Radang Lambung, dan Penyakit Usus

Sediakan 50 gram daun cincau, kemudian tumbuk hingga lembut. Tuangkan 4 gelas air, lalu remas dan peras. Kemudian airnya disaring. Biarkan hingga mengental. Anda dapat meminumnya dengan menambahkan gula sesuai selera. Lakukan sebanyak 3 kali dalam sehari. Ketahui: Makanan Penyebab dan Pereda Asam Lambung


Bagaimana membuat Ramuan menggunakan Daun Cincau?


Anda dapat membuat daun cincau menjadi obat alami dengan beberapa cara. Ada 3 cara yang dapat dipilih untuk membuat cincau menjadi sebuah ramuan.


Cincau, manfaat

photo: gavinschow.wordpress.com

Cara Pertama Membuat Cincau

Sediakan 15 lembar daun cincau, kemudian peras ke dalam ¾ gelas air hingga mengental. Segera minum airnya sebelum menjadi agar-agar.

Cara Kedua Membuat Ramuan Cincau

Ambil Daun cincau dari tangkainya. Rendam daun tersebut ke dalam air sambil diremas hingga warna air berubah pekat. Biarkan selama 24 jam supaya menjadi agar-agar dan supaya karbohidrat pada daun dapat mengikat air secara maksimal.

Cara ketiga membuat Cincau

Ambil daun cincau secukupnya, kemudian hancurkan hingga lembut. Setelah itu rebus daun cincau yang sudah lembut tadi atau langsung direndam ke dalam air. Tambahkan soda kue ke dalam larutan. Ini bertujuan untuk membuatnya menjadi awet, sekaligus mendapatkan Cincau dengan warna sesuai selera anda.

Demikian Manfaat Daun Cincau untuk kesehatan tubuh. Mungkin di beberapa daerah, ada beberapa penyebutan nama yang berbeda. Bagaimana anda menyebutnya?

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Daun Cincau Untuk Mengobati Berbagai Penyakit
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.