Mengobati Berbagai Penyakit Menggunakan Sambiloto

Sambiloto sangat terkenal di kalangan ahli herbal. Hal ini dikarenakan segudang manfaat yang dikandung olehnya. Di balik rasanya yang pahit, sambiloto sangat bermanfaat untuk mengobati berbagai macam penyakit. Mulai dari demam hingga penyakit berat pun dapat diobati dengan penerapan daun yang fenomenal ini. Sambiloto sangat efektif melawan sel kanker dikarenakan senyawa aktif yang dikandungnya. Daun dan cabang Sambiloto mengandung senyawa aktif yang disebut laktone yang dapat melindungi sel hati dari racun Sedangkan akar sambiloto mengandung flavonoid yang sangat bermanfaat untuk kesehatan tubuh.

Mengobati Berbagai Penyakit Menggunakan Sambiloto


Bagi anda yang penasaran dengan manfaat sambiloto untuk kesehatan, artikel kali ini akan mengupas berbagai manfaat daun sambiloto yang sangat mengagumkan.


Sambiloto
foto: permies.com

Mengobati Influenza

Daun sambiloto dapat digunakan untuk mengobati penyakit demam, sakit kepala, atau influenza. Seduh daun sambiloto yang telah dikeringkan dalam bentuk bubuk. Tunggu hingga dingin, kemudian minum. Lakukan hal ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

Mengobati Batuk rejan serta hipertensi

Sediakan 7 lembar daun sambiloto, kemudian seduh ke dalam ½ cangkir air panas. Anda bisa menambahkan madu ketika hendak meminumnya. Minum obat alami ini untuk Menurunkan Hipertensi Secara Alami.

Mengobati Radang Paru-paru

Sambiloto juga dapat mengobati radang pru, tonsilitis, serta radang mulut. Caranya cukup dengan menyeduh 4 gram daun sambiloto yang sudah dikeringkan. Minum airnya setelah dingin. Jika teman anda terkena Penyakit Paru-paru basah, palajari Cara Mengobati Paru-Paru Basah Secara Alami

Mengobati Kencing Nanah

Ambil seluruh bagian tanaman sambiloto sebanyak 3 tangkai. Setelah dicuci, anda bisa merebusnya ke dalam 4 gelas air. Biarkan hingga air tersisa 2,25 gelas. Untuk meminumnya dapat dicampur madu. Minum racikan herbal ini sebanyak 3 kali dalam 1 hari.

Mengobati Diabetes

Sediakan ½ genggam daun Sambiloto, kemudian cuci hingga bersih. Selanjutnya rebus ke dalam 3 gelas air. Biarkan hingga tersisa 2,5 gelas saja. Minum di pagi, siang dan malam hari. Pelajari juga, Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional

Mengobati Tifus


Rebus 15 daun sambiloto ke dalam 2 gelas air. Biarkan mendidih hingga tersisa segelas air saja. Minum secara teratur untuk menyembuhkan tifus.

Mengobati Radang Tenggorokan

Sediakan 15 daun sambilot dan 5 lembar daun sirih merah. Rebus ke dalam 3 gelas air. Setelah tersisa 1 gelas air saja, matikan api. Anda dapat meminumnya setelah dingin.

Melawan Racun dari sengatan binatang

Jika teman anda digigit ular atau disengat kalajengking, jangan panik. Suruh teman anda untuk mengunyah daun sambiloto. Telan airnya dan tempelkan daunnya ke bekas sengatan kalajengking.

Mengobati Malaria

Untuk menyembuhkan malaria, rebus segenggam daun sambiloto ke dalam 4 cangkir air. Biarkan hingga air tinggal 2 cangkir saja. Minum sebanyak 3 kali sehari.

Mengobati Diare

Prestasi lain dari daun sambiloto adalah mengobati diare, disentri dan radang saluran pernafasan. Untuk mengobati penyakit yang disebutkan, rebus 15 gram daun sambiloto ke dalam 3 gelas air. Setelah tersisa segelas saja, saring dan biarkan dingin. Minum sebanyak 2 kali saja dalam sehari.

Melindungi Sel Hati dari efek parasetamol

Senyawa laktone yang disebut sebagai andrographolide terdapat pada daun sambiloto. Ini sangat efektif untuk melawan efek negatif obat kimia. Untuk menggunakannya, jemur 20 gram daun sambiloto lalu digiling. Seduh daun kering tersebut. Minum sebanyak 3 kali sehari.

Mengobati Wasir

Daun sambiloto juga bermanfaat untuk mengobati wasir. Caranya tidak sulit. Terlebih dulu buatlah bubuk dari akar terong. Siapkan 15 gram akar terong, kemudian jemur dan giling hingga menjadi bubuk. Campurkan dengan jus Lidah Buaya dan bubuk dari daun sambiloto. Aduk hingga merata, kemudian oleskan ke bagian yang terkena wasir. Artikel tentang Mengobati wasir secara lengkap dapat anda baca pada Cara Alami Mengobati Wasir Menggunakan Ramuan Tradisional

Mengobati Faringitis

Sediakan 9 gram daun sambiloto untuk dicuci dengan air siap minum. Kunyah dan telan airnya untuk mengobati penyakit tersebut. Rasakan pahitnya! Bayangkan ini tidak seberapa dibanding derita akibat penyakit Faringitis.



Demikian Manfaat Sambiloto untuk mengobati berbagai penyakit ringan dan berat. Jika anda punya pengalaman dengan sambiloto, silahkan memberi masukan atau cerita.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Mengobati Berbagai Penyakit Menggunakan Sambiloto
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.