Mengobati Gangguan Ginjal Dengan Bahan Alami dan Tradisional

Ginjal merupakan organ tubuh yang berperan dalam sistem pembuangan. Pembuangan sisa metabolisme dalam tubuh, serta kelebihan cairan diatur oleh ginjal. Gagal ginjal adalah kondisi dimana ginjal tidak berfungsi dengan baik, yang menyebabkan racun tubuh tidak dikeluarkan. Umumnya diderita oleh pria. Resiko paling fatal akibat gagal ginjal adalah kematian. Gagal ginjal secara tiba-tiba (akut) dapat sembuh jika pengobatannya benar. Sedangkan gagal ginjal yang kronik (menahun) harus dilakukan cuci darah atau transplantasi ginjal.

Gangguan ginjal yang tiba-tiba dapat disebabkan oleh penyumbatan saluran pada ginjal secara total, kekurangan cairan yang tidak segera diatasi (akibat diare), infeksi fatal, keracunan zat kimia, pola makan salah, faktor genetik, kurang asupan cairan, minuman berbahan kimia atau pengawet, dll. Gagal ginjal akut bisa semakin parah hingga menjadi kronik, jika penanganannya tidak tepat. Kencing yang ditahan, serta kurang asupan air juga dapat memicu gangguan ginjal. Kadar garam yang tinggi pada urin dapat menyebabkan endapan batu. Artikel sebelumnya tentang cara mengobati Stroke secara alami.


kesehatan ginjal
gambar: nexcesscdn.net

Gejala Gangguan Ginjal Secara Umum


Gangguan ginjal Akut : Mata bengkak, pinggang terasa nyeri, terasa sakit ketika kencing, sering kencing dengan jumlah sedikit, kadang disertai darah, dll.

Gangguan ginjal kronik: Selera makan menurun, tubuh lemas, mual, terjadi pembengkakan, gangguan pernafasan, wajah pucat, gatal, dan kelainan pada urin.

Bagi penderita gangguan ginjal hendaknya mengurangi asupan garam, protein, dan fosfat.



Pencegahan Gangguan Ginjal


Harus diketahui faktor pemicu gangguan ginjal tersebut. Jika pasien juga menderita diabetes maupun darah tinggi, harus dilakukan pengobatan terhadap penyakit tersebut. Jika terdapat batu ginjal, harus dikeluarkan. [Lainnya: Cara Mengobati Diabetes dengan Ramuan Tradisional]

Hati-hati terhadap penggunaan obat yang dijual di pasaran. Pemakaian obat anti nyeri maupun obat rematik yang asal-asalan dan tanpa resep dokter dapat merusak ginjal.

Terapkan pola hidup sehat, penuhi gizi seimbang, jaga berat badan, hindari minuman keras, diet sodium, hindari makanan tinggi kolesterol, laukan olahraga teratur.


Mengobati Gangguan Ginjal Dengan Bahan Alami dan Tradisional


Daun Kumis Kucing

Sediakan segenggam daun kumis kucing, segenggam daun meniran, 1 ruas temulawak, gula aren dan 4 gelas air.

Rebus semua bahan ke dalam periuk hingga tersisa 2 gelas air. Setelah dingin, ramuan tadi disaring. Minum sebanyak 3 kali sehari.


Kumis kucing
gambar: pbase.com

Daun Sukun


Sediakan 15 gram daun sukun kering dan madu. Seduh daun sukun ke dalam periuk tanah yang berisi segelas air hingga mendidih.  Tambahkan madu, setelah dingin. Minum sebanyak 2 kali sehari. Lakukan selama 10 hari.

Daun Sambiloto

Sediakan 20 gram daun dan batang sambiloto, 60 gram daun dan akar krokot, 60 gram rambut jagung, dan air sebanyak 800 cc.

Rebus semua bahan hingga tersisa sekitar separuhnya (450 cc). Setelah disaring, minum sebanyak 150 cc setiap pagi, siang dan malam.

Obat Alami Peluruh Batu Ginjal

Siapkan tunas jagung muda sebanyak 4 buah, 8 helai daun Keji Beling, segenggam rambut jagung, dan segelas air.
Rebus semua bahan. Setelah dingin, minum. Lakukan selama 2 minggu. Jika batu telah keluar, segera hentikan pengobatan.

Obat Alami Untuk Radang Ginjal

Sediakan akar Alang-alang yang masih segar sebanyak 60 gram hingga 120 gram. Cuci hingga bersih akar tersebut, kemudian potong menjadi beberapa bagian kecil. Rebus ke dalam 3 gelas air hingga mendidih. Setelah air tersisa 1 gelas saja, dinginkan. Minum ramuan alami ini sebanyak 3 kali sehari untuk mengobati radang ginjal.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Mengobati Gangguan Ginjal Dengan Bahan Alami dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.