9 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami Dan Tradisional

Obat Alami - Setiap wanita ingin memiliki kaki jenjang dan indah. Faktanya, hal ini sangat terkait dengan kesehatan tubuh. Banyak wanita hilang rasa percaya diri ketika mengalami varises pada kakinya. Varises merupakan pelebaran pembuluh vena yang dapat menghambat peredaran darah, umumnya terjadi di area betis dan tungkai. Resiko terkena varises pada wanita 2 sampai 3 kali lebih besar dibandingkan pada pria. Jadi, selain merusak penampilan anda, varises merupakan salah satu masalah kesehatan yang harus ditangani secara tepat. Varises dapat menyebabkan anda terlihat jauh lebih tua dari usia sebenarnya. Bahkan, masalah kesehatan ini dapat berlanjut ke hal yang tidak diinginkan.

sumber gambar: spazicomuni.com

Penyebab Varises

Pembuluh vena bekerja untuk mengalirkan darah dari sisa metabolisme tubuh, untuk kembali ke jantung. Varises disebabkan oleh elastisitas dinding pembuluh vena mengalami penurunan, sehingga pembuluh vena melemah dan pengembalian aliran darah menuju jantung menjadi terganggu.

Selain genetik, beberapa faktor dan kebiasaan sehari-hari dapat menyebabkan varises. Faktor penyebab varises antara lain:


- Usia

Seseorang yang telah memasuki usia tua umumnya mengalami penurunan elastisitas pembuluh darah. Katup vena yang melemah menyebabkan darah yang seharusnya dialirkan kembali ke jantung, justru menyebar ke seluruh jaringan tubuh. Kondisi ini menyebabkan tekanan pada vena, sehingga menimbulkan varises.

- Menopause dan hormon tertentu

Faktor lain yang dapat melemahkan katup vena seperti menopause, hormon yang terdapat pada pil KB, estrogen dan progesteron yang ada di dalam suntik KB dan implan.

- Kebiasaan buruk

Faktor berikutnya yang dapat meningkatkan resiko varises adalah kebiasaan buruk seperti berdiri terlalu lama, menopangkan sebelah kaki saat duduk, dan sering menggunakan pakaian ketat. Penting bagi anda: 15 Kebiasaan Baik Namun Membahayakan Kesehatan

- Sering menggunakan sepatu tinggi

Pemakaian heels dapat mengganggu peredaran darah dan kinerja otot betis. Perlu dilakukan peregangan otot kaki, jika anda terpaksa menggunakan sepatu heels.

Tanda-tanda varises

- Warna biru terlihat secara jelas di bagian pembuluh vena, berbentuk lebar dan berliku-liku.
- Sebagian penderita mengalami nyeri, rasa sakit, dan betis membengkak
- Sebagian kasus, terdapat borok dan terjadi pembengkakan di pergelangan


Cara Menghilangkan Varises secara alami dan tradisional


Cara terbaik untuk menghilangkan varises adalah dengan berolahraga secara teratur, konsumsi nutrisi tertentu, dan menghindari kebiasaan buruk. Berikut beberapa cara alami untuk melenyapkan varises:

1. Buah Berry

Buah berry seperti cherry kaya akan senyawa yang mampu memperlancar sirkulasi darah. Buah cherry punya kemampuan untuk mencegah dan mengobati varises.

2. Olahraga

Olahraga secara teratur mampu mencegah risiko varises. Olahraga terbukti secara efektif mampu memperlancar sirkulasi darah, termasuk pada kaki. Luangkan waktu anda selama 20 menit untuk olahraga, setiap hari.

3. Minyak Alami

Minyak ini dapat anda peroleh dari tanaman jarak. Memijat kaki dengan menggunakan minyak ini, dapat menghilangkan varises dan mencegahnya datang kembali. Anda dapat melakukan cara ini sesudah mandi. Cara ini tidak menimbulkan efek samping, sehingga aman bagi tubuh.

4. Menjaga Berat Badan

Kegemukan merupakan salah satu penyebab varises. Anda perlu mengontrol berat badan serta memperhatikan asupan makanan. Anda dapat mengikuti diet rendah garam untuk mencegah pembengkakan yang disebabkan oleh retensi cairan.

5. Hindari duduk terlalu lama

Selain menyebabkan ambeien, duduk terlalu lama dapat meningkatkan risiko varises. Jika rutinitas sehari-hari memaksa anda untuk duduk dalam waktu lama, sebaiknya sesekali anda beranjak dari kursi. Cobalah untuk berdiri dan berjalan-jalan sebentar. Cara ini dapat membantu meregangkan otot kaki yang tegang.


Cara ampuh menghilangkan varises


- Konsumsi asam lemak omega-3 sebanyak 100 mg setiap hari.
- Konsumsi vitamin / suplemen yang dapat mengurangi varises.
- Konsumsi Ginkgo Biloba sebanyak 2 kali dalam sehari, masing-masing sebanyak 120 mg.  Selain memperkuat daya ingat, ekstrak tanaman ini mampu mengobati varises.
- Jauhi makanan tinggi kolesterol.

Semua cara yang telah disebutkan memerlukan waktu untuk memulihkan kondisi kesehatan anda. Pola hidup sehat tidak bisa dipisahkan dari semua solusi yang ada.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Cara Menghilangkan Varises Secara Alami Dan Tradisional
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.