Efek Samping Dan Bahaya Minum Air Kelapa

Air kelapa muda masih menjadi pembahasan kita pada artikel kali ini. Banyak orang menyukai minum es kelapa muda, terutama ketika dahaga menyerang. Memang tidak diragukan, nutrisi yang dikandung di dalamnya sangat beragam sehingga mampu menjadi Obat alami. Anda dapat membaca artikel sebelumnya tentang Manfaat air kelapa muda untuk kecantikan dan kesehatan, serta ulasannya.


kelapa

Manfaat minuman alami tersebut antara lain:

1. Menghambat tanda-tanda penuaan
2. Menghambat timbulnya uban
3. Menghilangkan jerawat
4. Mencegah garis dan kerutan di wajah, serta melembabkan kulit
5. Mengontrol Berat Badan (Baik untuk diet)
6. Menurunkan Hipertensi
7. Meningkatkan energi tubuh
8. Mencegah dan menghancurkan Batu Ginjal
9. Meningkatkan imunitas tubuh
10. Menetralisir racun yang masuk ke dalam tubuh
11. Mengatasi tumit retak dan kaki pecah-pecah
12. Melembutkan Suara
13. Mengurangi efek alkohol terhadap kesehatan
14. Mencegah sembelit
15. Menyebabkan kulit bayi bersih ketika lahir
16. Menurunkan demam dan meningkatkan trombosit penderita DB
17. Baik untuk ibu hamil
18. Mencegah penyakit jantung
19. Meningkatkan sistem metabolisme tubuh
20. Mencegah kenaikan refluks asam
21. Mengobati cacingan pada anak

Minuman isotonik banyak dibuat dengan air kelapa sebagai bahan baku. Minuman ini diklaim mampu mencegah dehidrasi terkait vitamin dan mineral yang dikandung di dalamnya.

Namun dibalik segudang manfaat kesehatan tersebut, air kelapa memiliki potensi membahayakan kesehatan jika diminum dalam jumlah banyak. Apa saja? Berikut beberapa bahaya yang dimaksud:


Efek Samping Dan Bahaya Akibat Minum Air Kelapa


- Dapat menyebabkan diare

Minuman ini memang rendah lemak, namun hindari konsumsi terlalu banyak. Minum dalam kadar tepat akan membantu menurunkan berat badan, tapi jika berlebihan dapat menyebabkan diare.


- Meningkatkan imunitas tubuh, bukan berarti kebal terhadap semua serangan penyakit

Dengan minum air kelapa, daya tahan tubuh akan meningkat. Hal ini disebabkan mineral penting yang terdapat di dalamnya. Faktanya, sistem imunitas tubuh kita sangat kompleks. Untuk membangun sistem kekebalan tubuh, tidak cukup mengandalkan mineral saja. Banyak nutrisi lain yang diperlukan.

- Tidak cukup menggantikan cairan tubuh yang hilang

Air kelapa sering diminum ketika tubuh mengeluarkan keringat dalam jumlah banyak, misalnya setelah olahraga atau aktivitas yang memeras keringat. Tubuh akan kehilangan sodium, ketika berkeringat. Kadar sodium yang terkandung di dalam air kelapa tidak cukup untuk mengganti garam yang hilang. Anda perlu untuk konsumsi air mineral.

- Bagi penderita gangguan ginjal, air kelapa dapat membahayakan kesehatan jantung

Untuk mengikis batu ginjal dapat dilakukan dengan minum air kelapa. Cara ini berlaku bagi penderita batu ginjal ringan. Sedangkan bagi penderita yang telah mengalami penurunan fungsi ginjal, kondisi organ tubuh ini harus diperiksa oleh dokter. Hal ini terkait fakta bahwa kalium dan elektrolit di dalamnya berpotensi menyebabkan hiperkalemi. Bagi orang yang mengalami penurunan fungsi ginjal, minum air kelapa dapat membahayakan organ jantung.

- Tidak mampu untuk menggantikan susu

Asam amino non esensial yang tersapat pada air kelapa lebih tinggi dibandingkan susu sapi. Sedangkan asam amino esensial pada susu sapi lebih unggul. Selain itu, susu mengandung mineral dan vitamin yang lebih komplit daripada air kelapa. Jadi, tidaklah cukup minum air kelapa untuk mengganti nutrisi yang terdapat pada susu.

- Dapat menyebabkan Kejang otot

Hindari minum air kelapa ketika anda sedang melakukan sebuah perjalanan jauh. Efek samping yang ditimbulkan adalah kejang otot dan kelelahan. Hal ini berhubungan dengan kalsium yang dikandung oleh minuman ini.

Demikian beberapa efek samping yang ditimbulkan akibat konsumsi air kelapa pada beberapa kondisi. Semoga memperluas pengetahuan kita seputar masalah kesehatan.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Efek Samping Dan Bahaya Minum Air Kelapa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.