19 Manfaat Hula Hoop Untuk Diet Dan Kesehatan

Banyak cara untuk melangsingkan badan sekaligus mendapatkan bentuk pinggang yang bagus. Salah satunya dengan hula hoop. Ya, permainan sederhana dan terbilang tradisional ini ternyata mampu membantu anda untuk mendapatkan bentuk tubuh yang ideal.

19 Manfaat Hula Hoop Untuk Diet Dan Kesehatan
Hula hoop selalu mengingatkan kita ke masa kecil, dimana anak-anak kecil memutar hula hoop dengan pinggang mereka dengan penuh canda dan tawa yang ceria.

Di era serba gadget ini, mungkin permainan hula hoop tidak lagi menarik bagi banyak orang. Jari-jari tangan mereka lebih asyik dengan layar di ponsel Android, untuk BBMan atau berinteraksi di jejaring social lainnya.

Kenyataannya, orang jaman dahulu jauh lebih sehat dan tidak mudah stres. Berbeda dengan mereka yang terpapar radiasi elektronik dan gelombang elektromagnet lainnya, secara terus menerus dalam jangka panjang.


19 Manfaat Hula Hoop Untuk Diet Dan Kesehatan Yang Menakjubkan


Hula hoop sebenarnya bukanlah permainan biasa, yang hanya cocok dimainkan oleh anak kecil. Lebih dari itu, hula hoop merupakan salah satu jenis olahraga yang bermanfaat untuk kesehatan dan kecantikan.

1. Melangsingkan badan

Cari dan temukan mainan ini di gudang anda, cuci hingga bersih dan mulailah bermain dengannya. Karena mainan ini punya manfaat kesehatan. Inilah yang akan anda dapatkan dengan bermain hula hoop secara teratur:

2. Membuat tubuh menjadi lentur

Cara berjalan wanita sangat memengaruhi penampilannya. Apa yang dapat anda gambarkan ketika melihat seorang wanita berjalan kaki dengan sulit dan terasa berat? Mungkin terkesan kurang energik kan? Nah, dengan olahraga hula hoop secara rutin, niscaya otot-otot tubuh menjadi elastis sehingga gerakan pun makin lincah.

3. Mengikis lemak perut

Seiiring putaran hula hoop di perut anda, secara sadar atau tidak membuat perut anda melakukan gerakan memutar berkali-kali. Olahraga ringan ini jika dilakukan dengan rutin selama ½ jam per hari, dapat membakar lemak dalam perut anda.

4. Mengencangkan otot paha

Semua wanita pastinya tidak ingin memiliki paha yang kendur dan bergelambir. Permainan hula hoop merupakan solusi terbaik untuk membantuk otot paha yang padat. Goyangkan hula hoop di pinggang anda setiap pagi selama 30 menit. Lakukan olahraga ini dengan rutin, maka otot paha pun menjadi ramping dan kencang.

5. Meluruhkan lemak pada pinggang


Dengan memutar hula hoop di pinggang anda secara berulang-ulang, akan menyebabkan lemak di pinggang terbakar secara signifikan. Selain senam, kelas aerobik di pusat kebugaran biasanya juga menyertakan hula hoop sebagai bagian dari program latihan.

6. Meningkatkan konsentrasi

Pernahkah anda bertemu dengan seseorang yang tidak nyambung saat diajak ngobrol? Jika alasan mereka adalah banyaknya masalah pribadi atau pekerjaan kantor yang menumpuk, iyakan saja. Permainan hula hoop mampu meningkatkan daya ingat, konsentrasi, dan fokus. Tidak mungkin anda dapat melakukan latihan ini sambil berkhayal atau berangan-angan. Benar, kan?

7. Mengencangkan pinggul yang kendur

Pinggul yang besar pada wanita membuat penampilannya tidak menarik. Hal ini banyak terjadi pada ibu sesudah bersalin. Dengan olahraga hula hoop selama 30 hari, pinggul menjadi kencang dan ramping.

8. Mencegah stres

Bahagia itu mahal, kata sebagian orang sih. Tapi sebagian lainnya menganggap bahwa bahagia adalah sederhana. Tahukah anda, dengan memainkan hula hoop secara rutin dapat menstimulasi produksi hormon endorphin di otak, sehingga menimbulkan perasaan senang. Dengan suasana hati yang baik, maka anda terhindar dari stres dan depresi.

9. Setara dengan jalan kaki

Penelitian oleh John Porcari, ahli kebugaran di University of Wisconsin La Crosse menemukan fakta bahwa latihan hula hoop memiliki manfaat yang setara dengan berjalan kaki dengan cepat.

Dengan latihan hula hoop selama 30 menit, jumlah kalori yang dibakar sebanding dengan berjalan kaki cepat dalam durasi yang sama. Olahraga mudah ini mampu membakar sekitar 210 kalori dalam ½ jam.

10. Otot punggung menjadi ideal

Berolahgara menggunakan hula hoop menyebabkan otot punggung tetap tegak, tidak bungkuk. Anda harus menegakkan tulang punggung agar hula hoop tetap berputar, tidak jatuh.


Manfaat hula hoop bagi tubuh lainnya


11. Menurunkan berat badan
12. Mencegah risiko kanker
13. Menjaga stamina
14. Mengeluarkan racun tubuh
15. Menyehatkan jantung
16. Menyehatkan paru-paru
17. Membantu metabolisme dalam tubuh
18. Menjaga keseimbangan tubuh
19. Baik untuk pernafasan


Cara bermain hula hoop dengan baik dan benar


Untuk membentuk tubuh yang ideal, ikuti tips menggunakan hula hoop di bawah ini:

  • Pilih hula hoop dengan garis tengah yang besar. Dalam posisi tegak, tidak kurang dari setengah dari tinggi tubuh anda. Hal ini untuk memudahkan anda untuk menggerakkan alat olahraga ini.
  • Pilih hula hoop dengan berat sekitar 2-4 pon. Jika terlalu ringan, mungkin anda akan merasa cepat bosan saat latihan. Selain itu, mudah bagi anda untuk menjaga keseimbangan.
  • Anda dapat mulai latihan di tempat yang sepi, seperti dalam ruangan atau di belakang rumah.

Nah ladies, siapkan anda mendapatkan tubuh yang ideal? Jika iya, cobalah olahraga ringan ini dengan rutin. Ketahui juga: 12 manfaat Aerobik bagi wanita

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

19 Manfaat Hula Hoop Untuk Diet Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.