4 Manfaat Tauge Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Di Luar Dugaan

Seringkah anda makan lontong balap? Jika iya, maka anda telah mendapatkan manfaat kesehatan dari kecambah yang banyak terdapat di dalamnya. Kecambah juga sering tersaji bersama soto. Tidak buruk untuk menyukai makanan ini, asalkan anda tidak selalu makan daging di dalamnya.

4 Manfaat Tauge Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Di Luar Dugaan
Manfaat tauge untuk kesehatan memang sangat signifikan. Hal ini tidak lepas dari nutrisi gizi di dalamnya.Protein di dalamnya akan meningkat sebesar 19 persen, saat biji kacang berubah menjadi kecambah atau tauge.

Selain asam amino, kecambah mengandung berbagai nutrisi penting lainnya termasuk vitamin C, E, K, folat, potassium, tembaga, zat besi, mangan, riboflavin, zinc, niacin, karbohidrat, serta rendah lemak.

Kecambah dapat dihasilkan dari kacang kedelai, kacang polong, kacang hitam, kacang hijau, kacang merah, pinto, dan garbanzo.


4 Manfaat Tauge Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Di Luar Dugaan


Menurut sebagian pakar kesehatan, tauge lebih baik dikonsumsi saat masih mentah, untuk menjaga utuhnya gizi di dalamnya. Anda dapat menyantapnya bersama karedok atau salad. Nah, inilah manfaat mengkonsumsi kecambah bagi tubuh anda:

1. Membuat awet muda


Kecambah sarat dengan vitamin C yang berperan dalam produksi kolagen, sehingga kulit lebih elastisitas dan tampak selalu muda. Kecambah diperkaya dengan asam amino yang memegang peranan dalam peremajaan kulit dari dalam tubuh, serta menunda munculnya keriput dan tanda penuaan dini. Ketahui: 14 Fungsi kolagen bagi tubuh kita

Kecambah dilengkapi dengan silika, yang mampu menetralkan racun dalam darah. Toksin yang menumpuk dalam darah dapat menyebabkan kulit kusam dan tidak bernyawa.

Menambahkan tauge ke dalam menu harian sangat bermanfaat untuk peremajaan sel kulit, penyembuhan jaringan yang rusak, menyamarkan bintik-bintik hitam, serta mencerahkan kulit anda.

Omega-3 yang terdapat dalam kecambah juga berguna untuk mencegah risiko jerawat, eritema, scaling dan pruritus. Vitamin B dalam kecambah berguna untuk mencegah produksi sebum secara berlebih. Dengan rutin makan tauge akan membuat kulit menjadi lembut, juga mencegah psoriasis dan jerawat.

2. Menyehatkan rambut

Vitamin C dan A dalam kecambah dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Antioksidan ini efektif untuk mencegah masalah rambut seperti kerontokan, uban dini, alopecia, kebotakan, dan hirsutisme.

Biton dalam tauge berguna untuk menguatkan folikel rambut, sehingga anda dapat memiliki rambut panjang yang indah dan cantik.

Akar rambut menjadi kuat dengan asupan vitamin K yang tersedia dalam tauge. Zat besi dalam kecambah berperan dalam distribusi oksigen ke seluruh jaringan tubuh termasuk kulit kepala, dan folikel rambut. Defisiensi zat besi dapat menyebabkan rambut rapuh dan mudah rontok.

Kecambah juga mengandung selenium yang mampu melawan jamur malassezia, penyebab gatal dan ketombe.

Zinc yang berlimpah dalam kecambah berguna untuk menjaga hidrasi pada kulit kepala, serta regenerasi sel-sel kulit kepala.

Kecambah juga menyediakan omega-3 yang memberikan gizi bagi rambut, serta membuat rambut lebih elastisitas dan berkilau. Sehingga masalah rambut kusam dapat dicegah.


Manfaat Kecambah bagi Kesehatan Tubuh


Berbagai nutrisi penting dalam kecambah sangat bermanfaat untuk menjaga kesehatan tubuh secara menyeluruh. Nah, inilah manfaat selengkapnya:

3. Mencegah serangan jantung dan tulang keropos

Kecambah mengandung estrogen alami, yang dibutuhkan untuk menjaga kepadatan tulang, struktur tulang, serta mencegah tulang keropos (osteoporosis).

Ketika kadar lemak darah melonjak, risiko serangan jantung dan stroke pun naik drastis. Sehingga seseorang lebih rentan dengan kedua penyakit berbahaya tersebut. Risiko ini dapat dikurangi dengan rutin makan kecambah alfafa. Hal ini disebabkan oleh saponin di dalamnya, yang mampu meluruhkan lemak jenuh dalam tubuh.

4. Melawan kanker

Kecambah kaya akan serat pangan, yang berguna untuk membersihkan kotoran dalam usus besar. Kotoran ini dapat bersifat racun, jika menumpuk dalam usus besar yang pada akhirnya memicu risiko kanker. Sifat anti-kanker dalam kecambah didukung adanya antioksidan di dalam makanan ini.

Perhatian:

Pilih kecambah organik, untuk menghindari adanya bahan kimia di dalamnya.
Simpan kecambah tanpa memotongnya, supaya tidak mudah layu. Masukkan dalam plastik yang berlubang, sebelum ditaruh dalam lemari pendingin.
Ibu hamil tidak dianjurkan untuk makan kecambah, kecuali diolah terlebih dahulu. Hal ini bertujuan untuk mencegah bakteri salmonella dan E.coli yang dapat menyebabkan mual, diare, dan kram perut.

Nah, itulah 4 manfaat kecambah untuk kecantikan kulit dan kesehatan. Makanan ini sangat baik untuk dikonsumsi semua orang, kecuali pada sebagian orang seperti terkahir disebutkan. Ketahui juga: Makanan paling menyehatkan khusus wanita

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

4 Manfaat Tauge Bagi Kecantikan Dan Kesehatan Di Luar Dugaan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.