14 Manfaat Utama Kol Merah Bagi Kecantikan Dan Kesehatan

Kol merah kini sangat mudah ditemukan di supermarket. Sayur super berwarna ungu ini lebih disukai daripada kol hijau. Kenapa sayur cantik ini cepat populer sehingga keberadaannya sangat fenomenal? Hal ini menunjukkan pengetahuan masyarakat di bidang kesehatan makin bertambah. Perkembangan informasi yang cepat menyebabkan masyarakat kita, makin melek terhadap dunia kesehatan.

14 Manfaat Utama Kol Merah Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
Apa kelebihan kol merah?

Kubis merah disebut juga red kraut atau blue kraut memiliki beberapa keunggulan daripada kubis hijau. Vitamin C dalam kubis merah, dua kali lipat lebih tinggi dari kubis hijau.

Warna merah keunguan menunjukkan tingginya jumlah anthocyanin dalam sayur ini. Anthocyanin merupakan pigmen yang memberikan warna pada buah atau sayur. Makin pekat warnanya, makin tinggi kadar pigmen tersebut.

Kenapa warna kubis merah sangat gelap? Tanah yang digunakan sebagai media tanam bagi sayur ini dikondisikan pada pH tinggi.

Hasil riset oleh Agricultural Research Service (ARS) menunjukkan bahwa kol merah mengandung 36 jenis anthocyanin, dimana 8 jenis zat yang terdapat di dalamnya tidak ditemukan pada kol hijau. Beberapa jenis anthocyanin memiliki sifat antioksidan, 2 kali lipat dari vitamin C.

Fakta nutrisi kol merah

Berbagai nutrisi gizi hadir dalam kubis merah. Vitamin yang terdapat di dalamnya termasuk vitamin C, E, K, riboflavin, piridoksin, thiamin, folat, dan betakaroten. Sayur renyah ini juga mengandung mineral penting seperti zat besi, kalsium, dan magnesium.

Secangkir kubis merah mentah mengandung 5 gram karbohidrat, 1 gram protein, 2 ½ gram gula alami, 22 kalori, 1 ½ gram serat, dan air.


14 Manfaat Utama Kol Merah Bagi Kecantikan Dan Kesehatan


Mungkin anda merasa penasaran, apa saja sih manfaat kubis merah sehingga menjadi sayur yang paling diminati banyak orang? Nah, berikut ini manfaat kesehatan dari sayur super ini:

1. Menyehatkan mata

Kubis merah kaya betakaroten yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi penglihatan. Makan sebagai lalapan mentah, tapi cuci dengan air bersih sebelumnya.

2. Meningkatkan imunitas

Vitamin E yang berlimpah dalam kol merah dibutuhkan untuk produksi antibodi, yang penting dalam sistem kekebalan tubuh.Vitamin E juga berperan dalam proses metabolisme, serta membantu dalam perbaikan DNA.

3. Menguatkan tulang dan gigi

Salah satu manfaat kalsium bagi tubuh yang dikenal banyak orang adalah sebagai mineral penguat tulang. Kol merah menyediakan kalsium secara berlimpah.

4. Menurunkan risiko kanker

Antioksidan kuat dalam kol merah termasuk anthocyanin dan vitamin C, berguna untuk mencegah oksidasi oleh zat karsinogen dan radikal bebas. Tambahkan sayur ini ke dalam menu harian anda, untuk mencegah risiko kanker.

Tidak hanya itu, pertumbuhan sel tumor dapat dicegah dengan indoles yang ada dalam sayur ungu ini. Pelajari juga: 14 cara mencegah kanker yang mudah dilakukan

5. Mengobati gangguan pernafasan


Glutamin dalam kol merah memiliki sifat anti inflamasi, yang efektif untuk mengatasi peradangan. Sayur merah ini juga mengandung sejumlah senyawa yang mampu mengobati respiratory papillomatosis, yaitu keluhan pada leher dan kepala yang disebabkan oleh HPV tipe 6 dan 11. Virus yang tumbuh pada saluran nafas ini sangat berbahaya.

6. Membersihkan perut

Kubis merah mengandung sulfur yang berguna untuk membersihkan saluran cerna. Dengan menyantapnya setiap hari sebagai salad, masalah gangguan pencernaan maupun sembelit dapat dicegah.

7. Meredakan nyeri otot

Untuk mengatasi nyeri otot, makan kol merah sebagai lalapan. Asam laktat di dalamnya berguna untuk mengurangi nyeri otot. Zat ini akan banyak berkurang, jika sayur sudah diolah melalui proses pemanasan.

8. Mengatasi luka lambung

Luka lambung seperti ulkus peptikum dapat diobati dengan glutamin dan asam amino yang terdapat di dalam kubis merah. Caranya dengan rutin minum jus sayur ini.

9. Mengontrol tekanan darah

Kol merah cocok dikonsumsi oelh penderita hipertensi. Kalium yang berlimpah di dalamnya berperan dalam menjaga tekanan darah tetap normal.

10. Menjaga fungsi otak dan saraf

Kol merah diperkaya dengan yodium yang dibutuhkan untuk menjaga fungsi otak dan saraf, supaya berjalan dengan baik. Mineral ini juga mendukung fungsi kelenjar endokrin.

11. Mencegah radang jantung

Sayur ungu ini banyak mengandung vitamin C dan antioksidan lainnya yang efektif untuk mencegah sumbatan pada arteri di jantung dan peradangan pada organ tersebut.

12. Mencegah penyakit Alzheimer

Kubis merah merupakan salah satu sayuran criferous yang kaya akan anthocyanin. Zat antioksidan ini mampu mencegah terbentuknya plak pada otak, penyebab umum dari Alzheimer.


Manfaat Kol Merah Untuk Kecantikan


13. Menunda tanda penuaan

Kombinasi dari vitamin C dan E dalam kubis merah sangat bermanfaat untuk menjaga kecantikan kulit. Keduanya merupakan antioksidan kuat yang memiliki sifat anti penuaan. Dengan mengkonsumsi sayur ini secara rutin sebagai menu diet, maka kulit anda tampak bercahaya dan cantik alami. Hal ini pastinya membuat anda menjadi awet muda.

14. Menurunkan berat badan

Pengen langsing dengan aman dan tidak berisiko? Solusinya adalah kol merah. Sayur satu ini kaya mineral dan vitamin, tapi sangat rendah lemak. Begitu juga serat di dalamnya ikut membantu suksesnya program diet untuk mengurangi berat badan.

Menurut Harvard School of Public Health, sayur dengan kadar air melimpah merupakan pilihan terbaik untuk melangsingkan tubuh.

Nah, itulah 14 manfaat kol merah bagi kesehatan dan kecantikan yang menakjubkan. Anda dapat menyantap sayur renyah ini sebagai salad, acar, sup, atau dimasak bersama daging bebas kolesterol. Sesuaikan dengan selera masing-masing. Mungkin anda perlu mempelajari: 14 cara menurunkan berat badan secara alami

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

14 Manfaat Utama Kol Merah Bagi Kecantikan Dan Kesehatan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.