Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Bagi Tubuh Anda Yang Luar Biasa

Sistem dalam tubuh kita telah diprogram sedemikian rupa, supaya semua fungsi organ berjalan dengan baik. Aktivitas seharian melibatkan semua organ tubuh bekerja secara terus-menerus. Pada akhirnya saraf pusat memberikan sinyal sebagai rasa kantuk, sehingga waktunya bagi tubuh untuk tidur. Dengan tidur cukup, tubuh akan memperbaiki sistem metabolisme dan memulihkan seluruh fungsi organ. Lantas, apa manfaat tidur miring ke kiri?

Manfaat Tidur miring ke kanan bagi tubuh anda
Tidur yang berkualitas tidak hanya ditentukan oleh durasi dan tempat saja. Perlu diketahui bahwa posisi tidur punya pengaruh yang signifikan terhadap kesehatan tubuh.

Jika tidur anda berkualitas, bukan hanya kesehatan tubuh yang terjaga tapi juga kecantikan kulit. Terdengar mengada-ada? Begitulah kenyataannya. Hal ini disebabkan hormon tertentu dalam tubuh yang bekerja saat tidur saja.

Posisi tidur yang salah ternyata berbahaya bagi tubuh anda. Jadi, seperti apa posisi tidur yang benar?


Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Bagi Tubuh Anda Yang Luar Biasa


Posisi tidur setiap orang tentunya tidak sama, sesuai kebiasaan masing-masing. Ada orang yang terbiasa tidur telentang, tengkurap, miring ke kanan, atau menghadap ke kiri. Tidur menghadap ke kiri ternyata memiliki manfaat yang luar biasa bagi kesehatan, bahkan mencegah bahaya serius yang dapat mengancam jiwa anda.

Apa saja manfaatnya? Bagaimana dengan posisi tidur yang lain, apakah dampaknya terhadap tubuh kita?


Posisi tidur miring ke kiri punya dampak positif bagi kesehatan anda. Menurut ilmu pengobatan holistik, bagian kiri dari tubuh merupakan sisi limfatik yang utama. Dengan tidur miring ke kiri, tubuh punya kesempatan lebih lama untuk membersihkan racun, limbah, dan cairan getah bening dengan kelenjar getah bening dan saluran toraks.

Ketika anda tidur miring ke kiri, tubuh akan memperbaiki sistem pencernaan. Hal ini tidak berlaku untuk posisi tidur telentang.

Jika posisi anda saat tidur terlentang, sistem limfatik akan bekerja lebih lambat. Kondisi ini sangat merugikan sistem limfatik, sehingga racun tidak dapat disaring dengan optimal. Dampak lainnya adalah tidak lancarnya aliran cairan getah bening sehingga dapat menyebabkan penumpukan racun dalam tubuh. Dalam jangka panjang, racun yang menumpuk ini dapat menimbulkan penyakit berbahaya.

Berbeda efeknya, jika anda tidur miring ke kiri. Setelah bangun tidur, tubuh anda akan terasa lebih sehat dan bugar. Keuntungan ini disebabkan pembuangan toksin dari tubuh, berlangsung dengan baik. Sehingga fungsi pencernaan bekerja dengan optimal, yang pada akhirnya tubuh dapat menyerap nutrisi dengan lancar.

Lalu bagaimana tidur dengan posisi telentang? Tidur menghadap ke atas dapat memperburuk kondisi penderita asma dan pendengkur. Karena posisi ini membuat anda lebih sulit untuk bernafas. Pelajari: 4 Cara Menghilangkan Ngorok Secara Alami dan Tradisional


Bagaimana cara membiasakan diri untuk posisi tidur miring?


Kebiasaan yang berlangsung selama bertahun-tahun memang sulit untuk diubah, termasuk cara tidur. Berikut ini tips untuk membiasakan tidur pada posisi menghadap ke samping:

Ketika membaringkan tubuh dengan posisi miring, taruh bantal di punggung anda. Cara ini bertujuan untuk menopang tubuh anda sehingga posisi tidak berubah.

Putar tempat tidur anda dengan arah 180 derajat. Sehingga anda tidak begitu aneh dengan posisi tidur yang belum terbiasa.

Nyalakan lampu tidur dengan redup saja, di sebelah kanan tubuh anda. Hal ini akan memudahkan tubuh anda selalu menghadap ke kiri, karena secara alami penglihatan anda akan menghindar dari cahaya.

Nah, itulah manfaat tidur menghadap ke kiri. Mulailah membiasakan diri anda dengan posisi tidur menyamping, supaya tubuh anda tetap sehat dan lebih bugar saat bangun tidur di pagi harinya. Bukan berarti tidur menghadap ke kanan tidak ada manfaatnya lho. Sangat menarik: 8 Bahaya Mengerikan Akibat Tidur Terlalu Lama

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

Manfaat Tidur Miring Ke Kiri Bagi Tubuh Anda Yang Luar Biasa
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.