4 Manfaat Bunga Saputangan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan

Banyak orang mengenal pohon sapu tangan hanya sebagai tanaman hias saja, atau sebagai peneduh taman. Padahal, tumbuhan yang juga disebut bunga enam-enam ini punya sederet manfaat kesehatan yang jarang diketahui oleh publik. Khasiat buah enam-enam atau katak puru berasal dari sejumlah nutrisi penting yang dikandungnya.

khasiat bunga saputangan bagi tubuh kita
Ciri-ciri bunga sapu tangan atau Maniltoa grandiflora Scheff tidak jauh berbeda dibandingkan dengan pohon lainnya. Bentuk batang pohonnya bulat dan tegak, dengan cabang simpodial warnanya coklat. Tinggi pohon mampu mencapai 15 meter.

Daun saputangan yang masih muda muncul bergerombol, kemudian mekar secara bersamaan dan menjuntai seperti helaian sapu tangan. Kuncup daunnya berwarna merah muda. Inilah dasar penamaan pohon ini.

Keluarga Papilionaceae ini punya beberapa genus, seperti Maniltoa, Brownea, Amherstia, dan Saraca. Tapi yang banyak ditanam sebagai bunga hias adalah G.gemmipara atau Maniltoa grandiflora, banyak ditemukan di Irian.

Tulang daun sapu tangan berbentuk sirip yang tidak simetris, tepi daunnya rata. Ciri khas bunga enam-enam terletak pada bentuknya yang malai, dengan kelopak seperti cawan dan seludang bunga berwarna pink. Buahnya berbentuk mirip polong.

Di India, tanaman ini dianggap sangat menarik dari sekian pohon tropis. Banyak orang menyebutnya sebagai Queen of flowering tree, disebabkan kuncup bunga yang muncul bareng dengan pucuk daun.

Jika anda berdomisili di Jakarta atau sekitarnya, dapat melihat dari dekat pohon sapu tangan di Jalan Sangkuriang, perumahan ITB.

Kandungan bunga saputangan

Hampir seluruh bagian tanaman seperti buah, daun, dan kulit pohonnya mengandung flavonoid, saponin, dan polifen0l. Buah nam-nam mengandung banyak vitamin C, sehingga rasanya masam kelat saat masih muda. Tapi, rasa buah akan menjadi masam manis saat matang.


4 Manfaat Bunga Saputangan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan


Mungkin sulit bagi anda untuk mencari literatur tentang buah ini. Berikut ini adalah khasiat bunga saputangan bagi tubuh kita:

1. Meningkatkan kekebalan tubuh


Vitamin C dalam buah ini merupakan antioksidan alami yang mampu mendongkrak imunitas, sehingga tubuh tidak mudah jatuh sakit. Mau mencoba minum jus buah ini? Kenapa tidak?

2. Mengobati gangguan pencernaan

Beberapa gangguan cerna dapat diobati dengan minum rendaman kulit pohon saputangan. Silahkan konsultasi dengan herbalis di kota anda, untuk informasi yang lebih akurat.

3. Sebagai penyerap polutan

Penelitian ilmiah menunjukkan bahwa tanaman saputangan mampu menyerap polutan, yang berasal dari udara, air, dan tanah. Tanaman ini dapat menyerap sekitar 70 persen kadar karbon monoksida, yang bersifat racun.

Zat racun ini tidak berbau dan mudah terserap oleh aliran darah daripada oksigen. Gas ini dapat timbul dari asap kendaraan bermotor, atau sampah yang dibakar. Dampak buruk karbon monoksida sangatlah banyak, seperti kelelahan, sakit kepala, gangguan penglihatan, gangguan nafas, nyeri, muntah, gangguan koordinasi saraf, penurunan daya ingat, dan risiko penyakit jantung.

Jadi, adanya tanaman perindang ini berkontribusi dalam mengurangi polusi yang merugikan kesehatan tubuh. Kehadiran pohon ini di lingkungan kita, akan membuat udara makin bersih dan sehat.


Manfaat Buah Saputangan Untuk Kecantikan Kulit


4. Mencegah kulit keriput

Buah ini kaya akan vitamin C. Tidak heran, dengan minum jus buah ini secara rutin, akan membuat kulit makin kencang, sehat, dan terhindar dari penuaan dini seperti keriput di wajah.

Nah, itulah 4 manfaat bunga saputangan untuk kesehatan dan kecantikan. Buah nam-nam dapat dikonsumsi bersama rujak atau sambal ikan. Sebagian orang menyantap buahnya bersama sambal kecap atau garam.

Buah katak puru juga sering dihidangkan bersama nasi panas, atau diminum sebagai jus segar. Pastinya, banyak manfaat kesehatan diperoleh dari tanaman ini. Pelajari juga: 11 Manfaat Buah Ganitri Untuk Kesehatan dan Kecantikan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

4 Manfaat Bunga Saputangan Bagi Kesehatan Dan Kecantikan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.