4 Manfaat Dan Khasiat Buah Gayam Bagi Kesehatan Tubuh

Bagi masyarakat pedesaaan, manfaat buah gayam tidak lebih dari makanan sekunder. Biasanya mereka mengkonsumsi makanan ini dengan merebusnya terlebih dulu. Cukup dengan menambahkan sedikit garam, akan diperoleh gayam godok dengan rasa yang gurih. Sebenarnya, khasiat gayam lebih dari sekedar bahan pangan saja. Buah ini dapat digunakan sebagai obat alami untuk mengatasi beberapa masalah kesehatan.

Manfaat Buah Gayam Untuk Tubuh Kita
Pohon gayam tergolong langka dan jarang ditanam, mengingat hasil panen kurang memiliki nilai ekonomis. Harganya pun tidak sebanding daripada durian merah maupun klengkeng.

Ciri-ciri buah gayam

Pohon gayam (Inocarpus fagifer) mampu mencapai ketinggian sekitar 20 meter. Selama ini banyak orang menganggapnya sebagai tanaman peneduh saja, karena daunnya memang lebat dan berukuran lebar. Tumbuhan ini juga berfungsi sebagai penyerap polutan dan debu.

Akar gayam sangatlah kokoh, sehingga baik untuk menyimpan cadangan air. Akar tanaman ini juga berguna untuk mencegah tanah longsor dan banjir. Batang tanaman punya tekstur yang keras, sehingga cocok untuk digunakan sebagai bahan mebel.

Buahnya tidaklah lunak seperti tekstur daging buah lainnya, bentuknya seperti ginjal. Buah ini tergolong jenis polong, dengan biji berbentuk pipih di dalamnya. Biji ini dilindungi oleh lapisan yang keras berwarna putih. Warna buahnya hijau saat masih mentah, kemudian berubah menjadi kuning kecoklatan saat matang.

Gayam juga punya nama ilmiah Inocarpus edulis dan Inocarpus fagifer, tergolong ke dalam keluarga Fabaceae. Nama lain dari buah ini adalah angkaeng, sedangkan dalam bahasa Inggris disebut Polynesian chestnut, Otaheite chestnut, atau Tahiti chestnut.

Buah tropis ini menyediakan beberapa nutrisi dan senyawa penting seperti saponin, tannin, flavonoid, dan lainnya.


4 Manfaat Dan Khasiat Buah Gayam Bagi Kesehatan Tubuh


Khasiat gayam berasal dari nutrisi gizi dan non gizi yang terdapat di dalamnya. Berikut ini adalah manfaat buah gayam bagi tubuh kita:

1. Meningkatkan imunitas tubuh


Kekebalan tubuh yang rendah akan membuat seseorang jatuh sakit. Ketika sistem imunitas menurun, maka penyakit ringan seperti flu dan batuk mudah menyerang.

Dengan mengkonsumsi buah gayam, akan mendongkrak sistem immun dalam tubuh kita. Hal ini disebabkan oleh flavonoida dalam buah ini, yang dapat berperan sebagai antioksidan alami.

2. Sebagai pembersih kotoran dalam usus

Sistem pencernaan sangat memengaruhi kesehatan tubuh secara keseluruhan. Beberapa penyakit berat dapat dipicu oleh pencernaan yang tidak sehat. Nah, buah gayam mengandung zat penting yang disebut saponin. Zat ini berguna untuk mencuci kotoran dalam saluran cerna, termasuk usus.

3. Membantu penyerapan nutrisi makanan

Kekurangan asupan gizi dapat disebabkan oleh penyerapan nutrisi oleh tubuh kurang optimal. Salah satu kandungan buah gayam adalah tannin. Senyawa kimia ini berguna untuk membantu proses penyerapan nutrisi oleh usus. Dengan adanya zat ini, akan mencegah makanan yang masuk dalam usus menjadi busuk oleh gangguan mikroba.

4. Sebagai obat diare

Untuk mengatasi mencret atau diare, ambil 25 gram daun gayam dari pohonnya. Cuci daun ini menggunakan air mengalir, kemudian dipotong-potong (dirajang). Rebus bersama 2 gelas air hingga mendidih, biarkan selama 10 menit. Setelah airnya dingin, tiriskan dan minum di pagi dan sore hari.

Nah, itulah 4 manfaat dan khasiat buah gayam untuk kesehatan tubuh kita. Selain dapat dikonsumsi sebagai gayam bakar, sebenarnya makanan ini dapat diolah menjadi produk makanan lain seperti emping atau keripik. Pastinya nilai ekonomisnya lumayan, dan lebih punya cita rasa. Simak juga: 15 Manfaat Rambutan Bagi Kesehatan dan Kecantikan

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

4 Manfaat Dan Khasiat Buah Gayam Bagi Kesehatan Tubuh
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.