15 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan

Obat alami - Buah gandaria masih asing bagi sebagian orang, tapi tidak bagi sebagian yang lain. Jika anda berkunjung ke wilayah tertentu di Indonesia, akan anda temukan manisan dan rujak yang bahannya adalah buah gandaria. Meskipun begitu, anda akan terkejut dengan manfaat kesehatan dari buah manis asam ini.

Khasiat Buah Gandaria Untuk Tubuh Kita
Buah gandaria atau disebut juga Bouea macrophylla memiliki bentuk yang mirip dengan buah mangga. Masyarakat sering mengkonsumsi buah ini secara langsung dalam keadaan segar, atau diminum sebagai jus buah dan sirup.

Sebagian lagi menikmati buah gandaria dalam bentuk sambal. Hmm, jadi bukan hanya sambalado saja yang lezat. Mungkin anda pernah mencicipi sambal tersebut?

Ciri-ciri tanaman gandaria

Bentuk buah gandaria tak ubahnya kelereng, dengan biji berwarna ungu. Pohonnya mampu mencapai ketinggian sekitar 27 meter. Warna coklat muda menghiasi kulit pohonnya. Sedangkan daunnya tunggal, dan memiliki bentuk yang lonjong.

Fakta nutrisi dalam buah gandaria

Buah manis kecut yang mirip mangga ini punya sederet nutrisi yang sangat bermanfaat bagi tubuh kita. Beberapa nutrisi penting di dalamnya seperti Protein, Vitamin C, Niacin, Karbohidrat, Betakaroten, Tiamin, Riboflavin, Kalsium, Fosfor, zat besi, Lemak, Air, dan Serat.


15 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan


Anda mungkin penasaran, apa saja sih khasiat buah gandaria untuk kesehatan dan kecantikan? Nah, berikut ini adalah sejumlah manfaat kesehatan dari buah gandaria:

1. Melancarkan aliran darah

Darah mengandung air sebesar 82 persen. Padahal, 55 persen tubuh kita tersusun dari air. Dapat dibayangkan kondisi tubuh saat kekurangan air. Ya, darah akan menjadi terlalu kental, sehingga alirannya tidak lancar. Buah gandaria diperkaya dengan air, seperti halnya buah naga ataupun semangka. Lebih detail: 7 Makanan Super Yang Mampu Melancarkan Aliran Darah

2. Mengontrol kadar gula darah

Menurut penelitian yang diadakan oleh American medical association, buah gandaria mengandung serat yang larut dalam air. Jenis serat ini mencegah risiko terkena diabetes, serta membantu memperbaiki kondisi penderita diabetes mellitus. Lainnya: Cara Mengobati Diabetes Secara Tradisional

3. Membantu pemulihan kulit yang luka

Nutrisi dalam gandaria ikut berperan dalam metabolisme protein. Vitamin C dan protein di dalamnya aktif dalam proses regenerasi sel-sel tubuh. Dengan adanya gizi ini, maka jaringan tubuh lebih cepat pulih saat mengalami luka.

4. Membersihkan racun dalam tubuh


Air digunakan untuk menjaga fungsi organ dan mengatur suhu tubuh, dengan cara keluarnya keringat. Keringat tidak hanya berguna untuk mendinginkan tubuh, tapi juga berisi kotoran dan racun yang harus dikeluarkan dari tubuh. Buah yang mengandung banyak air salah satunya adalah gandaria.

5. Meningkatkan imunitas tubuh

Khasiat gandaria untuk mendongkrak kekebalan tubuh berasal dari zat besi dan vitamin C di dalamnya. Zat besi berguna untuk meningkatkan daya tahan tubuh, sehingga lebih kebal terhadap infeksi virus dan kuman.

Manfaat ini ditunjang oleh kandungan air yang berlimpah dalam buahnya. Air sangat membantu penyerapan zat besi oleh tubuh. Ketika imunitas meningkat, maka tubuh tidak mudah jatuh sakit.

6. Mencegah stroke

Buah gandaria mengandung tidak kurang dari 150 mg serat. Meskipun tidak memiliki nilai gizi, tapi serat mampu mengikat kolesterol dalam tubuh dan membuangnya bersama tinja (kotoran). Tingkat kolesterol buruk (LDL) yang terkontrol akan mengurangi risiko penyakit stroke.

7. Melawan Kanker

Penelitian menunjukkan bahwa wanita yang mendapatkan asupan serat sebanyak 26 gram per hari, lebih rendah 25% terserang kanker daripada wanita yang kurang asupan serat. Serat membantu penyerapan makanan, sehingga saluran cerna tidak tersumbat oleh endapan makanan. Jika endapan terjadi, maka akan berisiko terkena kanker usus. Nah, buah gandaria mengandung serat yang sangat tinggi.

8. Mencegah penyakit jantung koroner

Anda mungkin terkejut dengan hasil penelitian yang diumumkan oleh American Journal of clinical nutrition, bahwa serat dalam buah-buahan termasuk gandaria ternyata efektif untuk menangkal penyakit jantung koroner. Kebutuhan harian terhadap serat adalah sekitar 26 gram. Dengan memenuhi jumlah ini, maka risiko penyakit jantung akan turun sebesar 40 persen.

9. Menyembuhkan Sariawan

Vitamin C yang dikandung buah gandaria cukup tinggi, lebih dari 60 mg. Jumlah ini memenuhi kebutuhan vitamin C harian anda. Jika tubuh anda kekurangan vitamin ini, maka risiko yang sering terjadi adalah sariawan mulut dan gusi berdarah.

10. Menjaga fungsi mata

Buah gandaria sangat kaya akan betakaroten. Sebagaimana anda maklumi, bahwa mikronutrien ini akan dikonversi menjadi vitamin A yang sangat dibutuhkan untuk menjaga kesehatan organ penglihatan.

11. Baik untuk otak

Sekitar 70 persen otak kita tersusun atas air. Kebutuhan air tidak dapat diabaikan, untuk menjaga fungsi otak. Dengan makan buah gandaria, anda akan mendapatkan banyak asupan air.

12. Mencegah sembelit

Berlama-lama di toilet karena sulit mengeluarkan tinja (BAB) mungkin diakibatkan masalah sembelit. Atasi masalah tersebut dengan sering mengkonsumsi buah gandaria. Pasalnya, buah ini kaya serat alami yang melancarkan pencernaan. Air dan serat di dalamnya berguna untuk memudahkan proses penyerapan makanan.

13. Menjaga kinerja paru-paru

90 persen komposisi organ pernafasan ini terdiri dari air. Tanpa asupan air yang memadai, tentu saja sistem pernafasan tidak bekerja dengan baik. Kekurangan air dapat dicegah dengan mengkonsumsi buah gandaria.


Manfaat Buah Gandaria Untuk Kecantikan


14. Mencegah kulit kering

Vitamin C yang berlimpah dalam buah gandaria berguna untuk pembentukan jaringan kolagen yang memegang peranan dalam kecantikan kulit. Betakaroten merupakan mikronutrien yang turut menjaga kulit tetap sehat. Kandungan air di dalamnya akan menjaga kelembabab kulit anda. Semua nutrisi ini ada dalam buah manis asam ini.

15. Sebagai menu diet

Buah gandaria cocok ditambahkan ke dalam menu harian bagi pelaku diet, untuk menurunkan berat badan. Tingginya kandungan serat dan rendahnya lemak akan membuat anda merasa kenyang lebih lama, sehingga tidak makan secara berlebihan.

Perhatian bagi anda, sebelum mengkonsumsi buah gandaria

Setelah membaca artikel di atas, pastinya anda punya keinginan kuat untuk makan buah gandaria, bukan? Ahli gizi memberikan rekomendasi kepada anda, untuk tidak makan buah ini secara sembarangan.

Pasalnya, buah asam manis ini mengandung vitamin C dalam jumlah tinggi, sekitar 110 mg. Padahal, kebutuhan vitamin C harian anda hanyalah 60 mg saja. Jika anda tetap melewati jumlah ini, maka organ hati dan ginjal akan berat saat bekerja. Jad, bagaimana cara konsumsi yang aman? Simak juga: 11 Makanan Yang Menguatkan Daya Tahan Tubuh

Nah, itulah 15 manfaat gandaria untuk kesehatan dan kecantikan. Silahkan buat jus segar dari buah ini, kemudian dinginkan dalam lemari es selama beberapa jam. Anda dapat minum jus buah ini, tanpa takut mengasup vitamin C secara berlebih. Proses jus dan pendinginan dalam kulkas akan mengurangi kadar vitamin C dalam buah tersebut. Tetap proporsional dalam mengkonsumsi semua jenis makanan. Semoga makin sehat dan bugar.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

15 Manfaat Buah Gandaria Untuk Kesehatan Yang Menakjubkan
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.