12 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut

Manfaat jeruk nipis bagi kecantikan cukup dikenal banyak orang. Namun, sebagian wanita belum mengetahuinya. Mulai dari masalah berat badan hingga kecantikan kulit dan rambut, ternyata jeruk nipis mampu diandalkan. Bagaimana cara menggunakan buah kecut ini, untuk mendapatkan khasiatnya?

Khasiat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan
Jika anda tahu khasiat jeruk nipis ternyata mampu mengatasi jerawat di wajah, flek hitam, panu, keriput, dan lainnya, pastinya anda akan selalu menyediakan buah ini di dapur anda. Perawatan kulit secara alami pun dapat anda lakukan di rumah, menggunakan bahan yang murah dan mudah diperoleh.

Selain manfaat kesehatan, jeruk nipis juga berguna untuk merawat kecantikan rambut, mencegah kebotakan, membuat rambut berkilau, dan lainnya. Bahan alami ini pun dapat digunakan untuk mengatasi bau badan. Wow, seperti apa cara membuat ramuan tradisional dengan jeruk ini?


12 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut


Cantik tidak selalu identik dengan produk kecantikan yang harganya relatif mahal. Anda juga dapat menggunakan bahan alami yang tersedia di sekitar kita, salah satunya jeruk nipis. Nah, untuk merawat kecantikan secara alami, berikut ini manfaat jeruk nipis untuk kulit dan rambut:

1. Membuat kulit bercahaya

Air perasan jeruk nipis dicampur madu, juga dapat mengatasi kulit kusam. Sehingga akan membuat kulit anda lebih bercahaya dan cantik alami.


2. Sebagai obat panu dan kurap

Tumbuk akar landep secukupnya, campur dengan air jeruk nipis. Gosok-gosokkan pada panu di kulit. Balut dengan kain kasa. Ganti 2 kali dalam sehari.

3. Mengelupas kulit mati

Jeruk nipis mengandung asam sitrat, yang efektif untuk eksfoliasi (pengelupasan sel kulit mati). Sehingga tidak heran, jika anda mungkin sering melihatnya digunakan untuk perawatan kulit di spa.

4. Menghilangkan flek hitam

Air perasan jeruk nipis dapat digunakan untuk memutihkan wajah dan menghilangkan noda hitam di kulit. Caranya, basahi kapas dengan air tersebut dan terapkan pada wajah anda selama ½ jam. Lakukan perawatan alami ini secara teratur setiap hari.

Baca lainnya: 14 Cara Alami Hilangkan Flek Hitam Di Wajah

5. Melembabkan kulit

Untuk mencegah kulit kering dan bersisik, aplikasikan masker jeruk nipis yang dicampur dengan putih telur.

6. Mengatasi jerawat

Jeruk nipis memiliki sifat antibiotik yang melawan bakteri penyebab jerawat. Campur airnya dengan madu murni, terapkan pada wajah anda. Biarkan selama 30 menit, bilas dengan air bersih.

Baca lainnya: Jauhi 16 Penyebab Jerawat Bandel

7. Mengecilkan pori-pori kulit

Minyak jeruk nipis bersifat astringent, yang mampu merapatkan pori-pori di wajah. Itulah alasan kenapa bahan alami ini sering digunakan dalam produk kecantikan kulit. Gunakan sebagai masker wajah, untuk mengurangi produksi minyak di wajah, serta membuat kulit cantik.

8. Sebagai agen anti penuaan

Seiirng perubahan usia, kulit anda dapat berubah warna akibat paparan UV dalam jangka panjang. Produksi melanin pada kulit akan mengubah warna kulit. Untuk mencerahkan kulit, aplikasikan masker jeruk nipis secara rutin di malah hari.

9. Menurunkan berat badan

Campur perasan jeruk nipis bersama segelas air hangat, minum di pagi hari. Cara ini dapat mengurangi berat badan anda, jika dilakukan dengan rutin. Pasalnya, asam sitrat dalam buah ini menyehatkan pencernaan anda. Asam sitrat juga efektif untuk mengurangi penyerapan gula dari makanan yang masuk dalam tubuh anda.


Manfaat Jeruk Nipis Untuk Kecantikan Rambut


Bukan hanya berguna untuk merawat kecantikan kulit saja, jeruk nipis ternyata efektif juga untuk perawatan rambut. Berikut ini beberapa khasiatnya:

10. Membasmi ketombe

Untuk menghilangkan ketombe di rambut, campur air jeruk nipis dengan air hangat kemudian basuh rambut anda dengannya. Biarkan selama beberapa menit, bilas dengan shampo.

11. Membuat rambut lebih berkilau

Rambut anda tampak kusam dan tidak sehat? Cobalah rawat dengan bahan-bahan alami. Campur air jeruk nipis dengan minyak zaitun dan madu, terpakan pada rambut anda. Dengan perawatan rutin, rambut pun menjadi lebih lembut dan berkilau sepanjang hari.

12. Mencegah kebotakan

Vitamin C yang berlimpaah dalam jeruk nipis, sangat dibutuhkan untuk pertumbuhan rambut yang sehat. Cukupi kebutuhan vitamin C harian anda, dengan mengkonsumsi buah yang kaya vitamin ini. Salah satunya adalah jeruk nipis.


Efek Samping Jeruk Nipis


Bagi anda yang memiliki jenis kulit sensitif, gunakan tabir surya saat berada di bawah terik matahari. Air jeruk nipis bersifat sangat asam, dengan pH berkisar 2,0. Jadi, pastikan kulit anda tidak mengalami iritasi saat menerapkannya sebagai masker.

Hindari konsumsi jeruk nipis, bagi penderita asam lambung. Jangan sampai biji jeruk ini tertelan dalam jumlah banyak.

Simak juga: Cara Menghitamkan Rambut Secara Alami

Nah, itulah 12 manfaat jeruk nipis untuk kecantikan kulit dan rambut. Buah ini sangat mudah anda temukan di sekitar anda. Jadi, anda pun dapat merawat kecantikan tanpa penggunaan produk kosmetik yang mahal. Semoga makin sehat dan cantik selalu.

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

12 Manfaat Jeruk Nipis Bagi Kecantikan Kulit dan Rambut
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.