9 Obat Alami Pereda Nyeri Yang Efektif Tanpa Efek Samping

Siapa yang mau menderita rasa sakit dan nyeri? Tentu saja tidak ada, bukan? Dibayar berapa pun, pastinya anda tidak mau mengalami ketidak nyamanan seperti itu.

Kenapa timbul rasa nyeri pada tubuh? Rasa sakit yang tidak nyaman ini sebenarnya merupakan indikasi adanya gangguan kesehatan pada tubuh kita. Tubuh memancarkan sinyal kimia, sehingga timbul nyeri sebagai pertanda adanya kesalahan dalam performa tubuh.


nyeri otot kaki akibat rematik
Ketika gangguan kesehatan teratasi, maka secara otomatis rasa sakit pun hilang. Nyeri bisa datang akibat terkilir, cidera, kram, dan lainnya. Jika kasusnya berlangsung dalam jangka panjang, disebut nyeri kronis.

Bagi penderita migrain, rematik, asam urat tinggi, dan sebagainya, anda bisa meredakan nyeri menggunakan obat anti-inflammatory, antidepresan, paracetamol, ataupun relaksan otot. Tapi, bagaimana cara menghilangkan nyeri tanpa obat?


9 Obat Alami Pereda Nyeri Yang Efektif Tanpa Efek Samping


Alam telah menyediakan bahan – bahan alami yang dapat digunakan untuk mengatasi berbagai masalah kesehatan, termasuk juga untuk meredakan rasa nyeri. Berikut ini bahan – bahan alami yang dapat digunakan sebagai pereda rasa nyeri:

1. Yogurt

Serius nih, orang sakit dan nyeri banget kok suruh makan yogurt? Eits, jangan salah. Minuman sehat ini mengandung probiotik, yang efektif untuk mengatasi peradangan.

Yoghurt juga efektif untuk mengatasi migrain

2. Ceri

Obat herbal paling baik untuk mengtasi rasa nyeri adalah buah Ceri. Buah cantik ini kaya akan bioflavonoid, yang mampu meredakan rasa sakit akibat peradangan. Setidaknya, anda perlu mengkonsumsi 20 buah ceri, untuk mendapatkan manfaat ini.

3. Kunyit

Sifat anti-inflamasi yang terkandung dalam kunyit berasal dari zat curcumin. Anti peradangan ini membantu untuk mengurangi rasa sakit pada sendi. Terapkan sebagai obat luar, dalam bentuk pasta kunyit. Juga konsumsi sebagai minuman sehat.

Selengkapnya: Ramuan Tradisional Menggunakan Kunyit Untuk Kesehatan !

4. Jahe

Menyeruput wedang jahe di malam hari yang dingin, memang sangat nikmat. Tapi, bukan hanya untuk menghangatkan badan saja, lho. Bubuk jahe mampu mengurangi produksi senyawa beracun yang mengakibatkan inflamasi dan rusaknya jaringan pada persendian.

5. Pepaya


Rasa sakit dan bengkak setelah operasi, dapat diredakan dengan minum jus pepaya. Hal ini disebabkan adanya enzim papain di dalam buah ini, yang bersifat anti - inflamasi alami.

6. Beberapa jenis ikan

Ikan – ikan yang hidup di air dingin cenderung mahal harganya. Pastinya anda tahu alasannya. Sebut saja tuna, makarel, herring, sarden, maupun salmon.

Tahukah anda, jenis – jenis ikan tersebut ternyata mampu melawan rasa nyeri kronis, seperti akibat cidera. Bahkan, dapat membantu perbaikan persendian tulang yang rusak.

Hal ini tak lepas dari kandungan omega-3 di dalamnya. Selain mampu meringankan peradangan di sekitar tulang rawan, juga baik untuk kesehatan jantung lho.

7. Cabai

Capsaicin yang terdapat dalam cabe mampu meredakan nyeri, juga biasa digunakan sebagai penangkal rasa sakit topikal. Ini cocok bagi anda penyuka makanan pedas. Tapi, hindari mengkonsumsi secara berlebihan. Terutama bagi anda penderita asam lambung.

Pelajari juga: 13 Bahaya Makanan Pedas Bagi Ibu Hamil !

8. Gel lidah buaya

Manfaat lidah buaya untuk kecantikan rambut, pastinya sangat terkenal. Di dunia herbal, gel lidah buaya ternyata juga digunakan untuk meredakan rasa sakit yang panas terbakar. Anda bisa mengkonsumsinya sebagai jus, setelah mencuci lendirnya terlebih dahulu.

9. Biji wijen

Kaya akan magnesium, itulah biji wijen! Lantas, apa manfaatnya untuk kesehatan dan apa kaitannya dengan rasa nyeri? Mineral magnesium dalam biji ini mampu meredakan nyeri otot dan sakit kepala.

Nah, itulah 9 obat alami penghilang rasa sakit dan nyeri yang efektif dan tidak menimbulkan efek samping yang berbahaya bagi kesehatan. Semoga sehat selalu.

Referensi : boldsky.com

Tulis Komentar Anda!

Baca Juga

9 Obat Alami Pereda Nyeri Yang Efektif Tanpa Efek Samping
4/ 5
Oleh
Tampilkan Komentar
Sembunyikan

Harap Berkomentar Secara Bijak demi kebaikan bersama.